ANALISIS PENGARUH KURS DAN INFLASI TERHADAP NERACA PERDAGANGAN DI NEGARA-NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) (Studi Kasus: Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Qatar dan Saudi Arabia)

HIELDA SILVIANA, NIM: 12810069 (2016) ANALISIS PENGARUH KURS DAN INFLASI TERHADAP NERACA PERDAGANGAN DI NEGARA-NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) (Studi Kasus: Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Qatar dan Saudi Arabia). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KURS DAN INFLASI TERHADAP NERACA PERDAGANGAN DI NEGARA-NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) (Studi Kasus: Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Qatar dan Saudi Arabia))
12810069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KURS DAN INFLASI TERHADAP NERACA PERDAGANGAN DI NEGARA-NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM (OKI) (Studi Kasus: Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Qatar dan Saudi Arabia))
12810069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mempunyai peluang besar dalam perdagangan dunia, hal ini dikarenakan sebagian besar anggota dari OKI merupakan negara penghasil minyak dunia yang memegang laju perdagangan di organisasi tersebut. Untuk meningkatkan ekspor sehingga neraca perdagangan bisa menjadi surplus maka negara-negara anggota OKI harus memperhatikan pergerakan nilai tukar riil dan tingkat inflasi. Pergerakan nilai tukar riil dan inflasi dapat berpengaruh pada nilai ekspor dan impor yang kemudian akan mempengaruhi juga surplus neraca perdagangan. Tingkat inflasi juga dapat menyebabkan suatu negara tidak dapat bersaing di perdagangan dunia jadi ekspor akan menurun dan dapat berpengaruh pada surplus neraca perdagangan. Penelitian ini muncul karena adanya research gap dimana nilai tukar riil tidak selamanya berpengaruh pada neraca perdagangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai tukar riil dan tingkat inflasi terhadap neraca perdagangan di negara-negara anggota OKI dalam perspektif Islam. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai tukar riil dan tingkat inflasi dari internasional monetary fund dan world bank pada tahun 2005-2014. Variabel dependen dari penelitian ini adalah neraca perdagangan dari international monetary fund pada tahun 2005-2014. Populasi dari penelitian ini negara-negara anggota OKI. Penelitian ini menggunakan alat analisis data panel dengan data tahunan dari tahun 2005-2014. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel dengan fixed effect model (FEM) menggunakan alat eviews 8. Nilai adjusted R2 sebesar 0.773868 yang berarti bahwa hubungan antara dependen dan independen variabel dapat dijelaskan sebesar 77.38% dalam model estimasi dan 22.61% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil dari peneitian ini adalah nilai tukar riil dan inflasi berpengaruh negative dan signifikan terhdap surplus neraca perdagangan. Kata Kunci: Nilai Tukar Riil, Tingkat Inflasi, Neraca Perdagangan, FEM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. IBNU QIZAM, SE., M.Si., Ak., C.A.
Uncontrolled Keywords: Nilai Tukar Riil, Tingkat Inflasi, Neraca Perdagangan, FEM
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:37
Last Modified: 30 Dec 2016 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23302

Actions (login required)

View Item View Item