PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI, DAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA EKS-KARESIDENAN BANYUMAS PERIODE TAHUN 2005-2012

SITI INGANATUN, NIM. 12810071 (2016) PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI, DAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA EKS-KARESIDENAN BANYUMAS PERIODE TAHUN 2005-2012. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI, DAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA EKS-KARESIDENAN BANYUMAS PERIODE TAHUN 2005-2012)
12810071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI, DAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA EKS-KARESIDENAN BANYUMAS PERIODE TAHUN 2005-2012)
12810071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu instrumen yang memiliki peran penting dalam perekonomian. Pertumbuhan ekonomi juga dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat perkembangan suatu wilayah atau negara. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah, berarti semakin baik kondisi perekonomian di wilayah tersebut. Pertumbuhan ekonomi di wilayah kabupaten/kota eks Karesidenan Banyumas selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan data Produk Domestik Regional Bruto atas dasar harga konstan per kabupaten, jumlah PDRB untuk wilayah kabupaten/kota eks Karesidenan Banyumas selalu mengalami peningkatan. Yaitu pada tahun 2011-2013 rata-ratanya lebih tinggi dibanding rata-rata PDRB Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desentralisasi fiskal, investasi, dan pajak daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota eks Karesidenan Banyumas pada periode tahun 2005- 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel analisis fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode tahun 2005 hingga tahun 2012, variabel desentralisasi fiskal tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan variabel investasi dan pajak daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Dari hasil uji F nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,7743. Artinya, bahwa variabel independen (desentralisasi fiskal, investasi dan pajak daerah) mampu menjelaskan variabel dependen (pertumbuhan ekonomi) sebesar 77,43% sedangkan 22,57% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Desentralisasi Fiskal, Investasi, Pajak Daerah, Regresi Data Panel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. GHAFUR WIBOWO., SE., M.S.c
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Desentralisasi Fiskal, Investasi, Pajak Daerah, Regresi Data Panel.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Dec 2016 10:50
Last Modified: 29 Dec 2016 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum