IMPLEMENTASI EMPAT AKSIOMA ETIKA ISLAM DALAM PEMBIAYAAN DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

NURUL ARIFIANI, NIM : 12240035 (2016) IMPLEMENTASI EMPAT AKSIOMA ETIKA ISLAM DALAM PEMBIAYAAN DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI EMPAT AKSIOMA ETIKA ISLAM DALAM PEMBIAYAAN DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
12240035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI EMPAT AKSIOMA ETIKA ISLAM DALAM PEMBIAYAAN DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA KANTOR CABANG AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
12240035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

x ABSTRAK Nurul Arifiani “Implementasi Empat Aksioma Etika Islam Dalam Pembiayaan Di KSPPS Tamzis Bina Utama Knator Cabang Ahmad Dahlan Yogyakarta” Sistem ekonomi Islam telah diterapkan dalam lembaga keuangan, sehingga muncul lembaga keuangan yang berbasis syariah. Saat ini lembaga keuangan yang berbasis syariah telah berkembang dengan pesat, dengan banyak munculnya bank-bank syariah dan lembang keuangan nonbank syariah lainnya. Ditengah perkembangan sistem ekonomi Islam tersebut masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik sistem ini, salah satunya dalam pembiayaan di Koperasi. Masyarakat menganggap sistem ini tidak jauh berbeda dengan sistem konvensional, selain itu banyak kelemahan-kelemahan usaha mikro kecil dan menengah dalam pembiayaan, sehingga empat aksioma etika Islam masih sulit diterima dan diterapkan dalam masyarakat. Meskipun begitu empat aksioma etika Islam harus tetap diterapkan dalam pembiayaan karena merupakan dasar perilaku ekonomi Islam, yang sebenarnya dapat untuk membedakan sistem ekonomi Islam dengan sistem yang lainya. KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Ahmad Dahlan Yogyakarta merupakan salah satu koperasi syariah, yang telah berusaha sebaik mungkin menerapkan empat aksioma etika Islam ini. Implemntasi empat aksioma etika Islam ini sangat penting, untuk dapat menjalankan sistem ekonomi Islam yang semestinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Setalah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menginterpretasikannya dalam kalimat sederhana sehingga dapat diambil pengertiannya untuk mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Untuk uji validitas penulis menggunakan metode triangulasi sumber dalam mendukung pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat diketahui bahawa KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Ahmad Dahlan telah mengimplemtasikan empat aksioma etika Islam dengan baik. Implementasi kesatuan atau tahuhid dapat dilihat dari beberapa indikator yang membuktikan adanya hubungan vertikal kepada Allah. Implementasi kesejajaran atau keadilan dapat dilihat dari beberapa indikator yang membuktikan adanya kesejajaran atau keadilan dalam hubungan sesama manusia di sini hubungan antara anggota dan Tamzis. Implementasi Kehendak bebas dapat dilihat dari bebrapa indikator yang menunjukan bahwa Tamzsi dan anggota memiliki kebebasan sebagai khalifah namun tetap, kehendak bebas yang mutlak hanya milik Allah. Implementasi tanggung jawab dapat dilihat dari beberapa indiktor yang menunjukan tanggung jawab Tamzis kepada anggotanya dalam aktifitas pembiayaan yang dijalankan. Kata Kunci : Empat aksioma etika islam, Pembiayaan, KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Empat aksioma etika islam, Pembiayaan, KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Ahmad Dahlan.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Dec 2016 10:49
Last Modified: 29 Dec 2016 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum