NIKAH KROMOJATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BOHOL KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

MUHAMMAD NOORWAHID ABDUL FATTAH, NIM. 12350087 (2016) NIKAH KROMOJATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BOHOL KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NIKAH KROMOJATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BOHOL KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
12350087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NIKAH KROMOJATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA BOHOL KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
12350087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu anjuran agama Islam dalam menyempurnakan agama umatnya adalah dengan perkawinan. Perkawinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya perkawinan rumah tangga dapat ditegakkan dan dibina sesuai dengan norma agama dan tata kehidupan masyarakat setempat. Perkawinan sebagai salah satu sendi kehidupan masyarakat tidak lepas dari tata aturan hukum agama maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku di masyarakat. Namun di sisi lain, sebuah perkawinan juga seringkali dipengaruhi oleh tradisi atau adat yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan ajaran yang dianutnya, terutama agama Islam. Salah satunya fenomena pernikahan di Desa Bohol Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul, orang yang akan melangsungkan pernikahan di samping syarat yang telah ditentukan menurut hukum Islam maupun peraturan perundang-undangan yang terkait, mereka harus menyiapkan syarat yang telah ditentukan oleh adat setempat, yaitu memberikan bibit pohon jati yang berjumlah sepuluh batang kepada desa. Jika hal itu tidak dipenuhi, maka berdasarkan kesepakatan masyarakat desa, pasangan yang tidak mengikuti adat tersebut akan mendapat hukuman berupa mengganti beberapa kubik tanah yang diberikan untuk desa. Berdasarkan uraian di atas maka pokok masalah yang menarik untuk diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana perspektif hukum Islam terhadap praktek pernikahan kromojati di Desa Bohol Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul? Apa perbedaan dan persamaan antara syarat pernikahan di dalam nikah kromojati dengan syarat pernikahan yang ada pada hukum Islam, dan bagaimana status hukumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan cara kualitatif. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penyusun lakukan di Desa Bohol Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul secara langsung. Untuk menarik kesimpulan dari data tersebut penyusun menggunakan pendekatan normatif yang bersifat induktif yaitu digunakan untuk menganalisa data yang bersifat khusus kemudian diolah dan menjadi kesimpulan umum, dalam hal ini melihat praktek nikah kromojati di Desa Bohol Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul yang dikaitkan dengan hukum Islam. Adapun kesimpulan penelitian ini bahwa, adat nikah kromojati yang terjadi di desa Bohol tidak dilarang oleh agama karena dapat menimbulkan kemaslahatan bagi kedua mempelai dan masyarakat sekitar. Adat ini dapat dikategorikan sebagai ‘urf sahih karena diterima oleh masyarakat dan tidak bertentangan dengan syara’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Ermi Suhasti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nikah, hukum Islam, perkawinan adat,
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Dec 2016 09:47
Last Modified: 29 Dec 2016 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum