PENGARUH PREMI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH KANTOR CABANG PURWOKERTO

Cahya Minatiningsih, NIM 12240075 (2016) PENGARUH PREMI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH KANTOR CABANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PREMI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH KANTOR CABANG PURWOKERTO)
12240075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PREMI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH KANTOR CABANG PURWOKERTO)
12240075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris baik simultan maupun parsial pengaruh premi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap minat menjadi nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto. Asuransi tidak hanya premi yang terjangkau, tetapi kualitas pelayanan yang baik mampu meningkatkan minat menjadi nasabah asuransi tersebut Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dilengkapi dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian yakni nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto. Obyek penelitian ini dipengaruhi oleh premi asuransi dan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden, analisis deskriptif variabel, uji asumsi prasyarat, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 21.0 for Wondows menunjukkan bahwa nilai Adjusted R square sebesar 0,896 artinya 89,6% minat menjadi nasabah di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto dipengaruhi oleh variabel premi asuransi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 10,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti faktor emosional atau faktor internal seperti: keagamaan, bagi hasil dan faktor sosial atau faktor eksternal seperti: reputasi, promosi, pemasaran, dan citra lembaga. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya premi asuransi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat menjadi nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi premi asuransi 0,000 < 0,05 artinya premi asuransi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto. Sedangkan nilai signifikansi kualitas pelayanan 0,042 < 0,05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 syari’ah kantor cabang Purwokerto. Keyword :Premi Asuransi, Kualitas Pelayanan, Minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Aris Risdiana, S.Sos.I., MM
Uncontrolled Keywords: Premi Asuransi, Kualitas Pelayanan, Minat.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:37
Last Modified: 30 Dec 2016 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item