PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, PERTUMBUHAN EKONOMI (PDB) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INVESTASI SAHAM SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah tahun 2012-2014)

Debby Wulandari, NIM. 12240101 (2016) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, PERTUMBUHAN EKONOMI (PDB) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INVESTASI SAHAM SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah tahun 2012-2014). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, PERTUMBUHAN EKONOMI (PDB) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INVESTASI SAHAM SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah tahun 2012-2014))
12240101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, PERTUMBUHAN EKONOMI (PDB) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INVESTASI SAHAM SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah tahun 2012-2014))
12240101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (626kB)

Abstract

Tingkat suku bunga (rate of interest) merupakan rasio antara bunga yang dibebankan per periode waktu dengan jumlah uang yang dipinjam awal periode dikalikan 100%. Pertumbuhan ekonomi mempunyai arti adanya perubahan dari total barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian, Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai pasar dari seluruh barang/jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode waktu tertentu. Return On Asset (ROA) merupakan rasio profitabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aktiva yang digunakan. Investasi adalah kegiatan mengalokasikan dana (finance),untuk mendapatkan nilai lebih atau keuntungan di masa depan (yang akan datang). Saham syariah merupakan salah satu bentuk dari saham biasa yang memiliki karakteristik khusus yang berupa control yang ketat dalam hal kehalalan ruang lingkup kegiatan usaha. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan meneliti pengaruh tingkat suku bunga, pertumbuhan ekonomi (PDB) dan return on asset (ROA) terhadap investasi saham syariah pada perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2012-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersifat kuantitatif yang terdiri dari data variabel investasi saham syariah , data variabel dari faktor investasi saham syariah yaitu tingkat suku bunga, pertumbuhan ekonomi (PDB) dan return on asset (ROA). Metode pengambilan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 72 data perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Pengolahan data tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap investasi saham syariah, variabel pertumbuhan ekonomi (PDB) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap investasi saham syariah, sedangka return on asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap investasi saham syariah. Kata Kunci: Daftar Efek Syariah (DES), Tingkat Suku Bunga, Pertumbuhan Ekonomi (PDB) dan Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daftar Efek Syariah (DES), Tingkat Suku Bunga, Pertumbuhan Ekonomi (PDB) dan Return On Asset (ROA).
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:36
Last Modified: 30 Dec 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum