IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI PAMELLA TUJUH SUPERMARKET YOGYAKARTA

Ria Khairul Anifah, NIM. 12240118 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI PAMELLA TUJUH SUPERMARKET YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI PAMELLA TUJUH SUPERMARKET YOGYAKARTA)
12240118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI PAMELLA TUJUH SUPERMARKET YOGYAKARTA)
12240118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Secara umum perusahaan atau organisasi terdiri dari sejumlah orang dengan latar belakang berbeda, kepribadian, emosi dan ego yang beragam. Hasil dari interaksi atau aktivitas tersebut membentuk budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan kesatuan dari orang-orang yang memiliki tujuan, keyakinan, dan nilai-nilai yang sama. Budaya organisasi terdiri dari beberapa aspek yang paling penting adalah nilai. Nilai adalah sesuatu yang dianggap benar dan sepatutnya diamalkan oleh anggota di dalam organisasi. Budaya organisasi sebagai suatu sistem makna bersama yang dianut oleh anggota di dalamnya dan dapat membedakan organisasi satu dengan yang lainnya. Pamella Tujuh Supermarket Yogyakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang mempunyai visi menjadi menjadi brand image Pamella Supermarket menjadi trend supermarket muslim di DIY. Merupakan perusahaan yang dalam operasionalnya menerapkan nilai-nilai Islam. Dengan menerapkan nilai-nilai Islam dalam budaya organisasi tersebut dijadikan acuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan kedalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Branch Manager, HRD dan karyawan Pamella Tujuh Supermarket. Sedangkan obyek penelitian ini adalah seluruh kegiatan atau bentuk penerapan nilai-nilai Islam dalam budaya organisasi di Pamella Tujuh Supermarket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Dari penelitian tersebut dapat diketahui implementasi nilai-nilai Islam dalam budaya organisasi terwujud pada nilai aqidah, syariah dan akhlak. Penerapan tesebut terdapat pada elemen budaya organisasi yaitu artefak, nilainilai, dan asumsi dasar. Penerapan nilai –nilai Islam terwujud pada proses rekruitmen, ibadah sehari-hari, kegiatan rutin tahunan, pola perilaku karyawan, pelayanan karyawan kepada customer, serta hubungan antar karyawan. Kata kunci: Nilai-nilai Islam, Budaya Organisasi, Pamella Tujuh Supermarket

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Islam, Budaya Organisasi, Pamella Tujuh Supermarket
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:56
Last Modified: 30 Dec 2016 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum