PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA BERBASIS TABUNGAN AKHIRAT DI PONDOK PESANTREN DAARU AYTAM BAITUSSALAM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Jus Amma, NIM 11230042 (2016) PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA BERBASIS TABUNGAN AKHIRAT DI PONDOK PESANTREN DAARU AYTAM BAITUSSALAM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA BERBASIS TABUNGAN AKHIRAT DI PONDOK PESANTREN DAARU AYTAM BAITUSSALAM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
11230042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA BERBASIS TABUNGAN AKHIRAT DI PONDOK PESANTREN DAARU AYTAM BAITUSSALAM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
11230042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa berbasis Tabungan Akhirat adalah sebuah program pemberdayaan, yang mana program tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak Yatim dan Dhuafa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, baik itu pangan maupun papan. Salah satu program pemberdayaan dana Zakat yang mencoba dalam mengatasi permasalahan tersebut yakni, dalam programnya adalah: “Pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa berbasis Tabungan Akhirat” yang mana program tersebut menjadi program unggulan Pondok Pesantren Daaru Aytam Baitussalam dalam mengatsi permasalahan yang ada, hasil dari pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa tersebut sangatlah berperan penting terhadap kemajuan pola pikir anak-anak Yatim dan Dhuafa yakini mereka mampu menanamkan nilai-nilai hidup yang baik, yaitu kehidupan pribadi yang kuat maupun bermasyarakat yang baik seperti melatih mereka untuk jujur dalam pekerjaan, hemat dan kerja keras dengan cara saling mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan serta membantu untuk membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki sesama (Santri Wati). Penelitian ini mengunakan metode penelitaian Deskriptif Kualitatif, teknik yang digunakan yaitu dengan cara Iterview, Observasi, Dokumentasi, dan Analisis Data. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan bagaimana cara Pengelolaan Tabungan Akhirat, Pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa serta Dampak yang di hasilakan dari Pemberdayaan berbasis Tabungan Akhirat terhadap anak-anak Yatim dan Dhuafa yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Daaru Aytam Baitussalam Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Melalui analisi diatas maka hasil penelitian ini terdapat tiga temuan penelitian: Pertama, cara pengelolaan Tabungan Akhirat untuk Pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa di Pondok Pesantren Daaru Aytam Baitussalam sangat dibutuhkan pengelolaan yang baik terhdap dana yang diperoleh supaya bermanfaat. Apakah ke arah produktif atau hanya konsumtif saja. Kedua, Pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa berbasis Tabungan Akhirat dalam Program ini berusaha menanamkan nilai-nilai keterampilan, manajemen dan saling membantu antar sesama. Dengan harapan sudah memiliki bekal ilmu ketika hidup bermasyarakat. seperti hidup lebih jujur dalam suatu pekerjaan, dan kerja keras. Ketiga, berdampak pada pengembangan kepribadian anak Yatim dan Dhuafa seperti jiwa berwirausaha, jiwa-jiwa yang produktif, memiliki soft skill yang kuat dan membentuk karakter anak-anak Yatim dan Dhuafa yang baik. Hal itu disebabkan oleh adanya program pemberdayaan anak Yatim dan Dhuafa berbasis Tabungan Akhirat dengan cara mendorong, memotivasi, serta membangkitkan kesadaran diri akan potensi yang dimiliki. Kata kunci: Santri, Tabungan Akhirat dan Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H. Afif Rifai, M.S
Uncontrolled Keywords: Santri, Tabungan Akhirat dan Pondok Pesantren
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:37
Last Modified: 30 Dec 2016 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum