PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH PANTI ASUHAN SULTHON SALIM DI DESA BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO

Bayu Prasetiyo, NIM 11230060 (2016) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH PANTI ASUHAN SULTHON SALIM DI DESA BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH PANTI ASUHAN SULTHON SALIM DI DESA BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO)
11230060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH PANTI ASUHAN SULTHON SALIM DI DESA BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO)
11230060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

Bayu Prasetiyo, Pengembangan Sumber Daya Manusia Oleh Panti Asuhan Sulthon Salim di Desa Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah upaya pengembangan manusia yang menyangkut pengembangan aktivitas dalam bidang pendidikan dan latihan, kesehatan, gizi, penurunan fertilitas, peningkatan kemampuan penelitian dan pengembangan teknologi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia yaitu pendidikan, penambahan ilmu agama dan pembinaan. Pengembangan ini juga dilakukan oleh salah satu panti asuhan yang ada di Kabupaten Kulonprogo yaitu Panti Asuhan Sulthon Salim. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengkaji bagaimana program pelaksanaan pengembang sumber daya manusia yang dilakukan Panti Asuhan Sulthon Salim terhadap anak asuhnya dan mendiskripsikan bagaimana hasil pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Panti Asuhan Sulthon Salim di Banjarharjo Kulon Progo. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan hasil wawancara dengan pengamatan dan membandingkan data hasil wawancara dengan dokumen yang ada. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyaji data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengembangan Sumber Daya Manusia pada anak asuh Panti Asuhan Sulthon Salim direalisasikan dalam berbagai bentuk kegiatan bersifat pendidikan dan pembinaan. Pendidikan dan pembinaan diberikan secara teori maupun praktek dengan berbagai model penyampaian yang disesuaikan dengan materi pengajaran. Metode yang sering dipakai adalah metode belajar dari pengalaman, karena dengan metode ini anak asuh akan lebih cepat paham adapun bentuk-bentuk dan metode PSDM tersebut adalah pembentukan kepribadian anak dan pembinaan keagamaan. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh Panti Asuhan Sulthon Salim belum dapat mengembangkan dalam bidang ketrampilan anak asuh hal ini disebabkan karena pendirian Panti Asuhan yang masih baru, oleh karena itu pengembangan ketrampilan anak asuh dilakukan di dalam kegiatan sekolah seperti ekstrakulikuler yang telah disepakati oleh pihak pengurus dan pengasuh Panti asuhan. Kata kunci : Pengembangan Sumber Daya Manusia, Panti Asuhan Sulthon Salim, Desa Banjarharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Syamsiyatun, M. A., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Panti Asuhan Sulthon Salim, Desa Banjarharjo.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum