UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KRIPIK DAUN OLEH KELOMPOK TANI RETNO MAKMUR DI DUSUN PILAHAN UTARA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA

Wahyudi, NIM. 12230002 (2016) UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KRIPIK DAUN OLEH KELOMPOK TANI RETNO MAKMUR DI DUSUN PILAHAN UTARA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KRIPIK DAUN OLEH KELOMPOK TANI RETNO MAKMUR DI DUSUN PILAHAN UTARA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA)
12230002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KRIPIK DAUN OLEH KELOMPOK TANI RETNO MAKMUR DI DUSUN PILAHAN UTARA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA)
12230002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semenjak kemerdekaan diproklamirkan hingga saat ini, indonesia masih dilanda dalam krisis ekonomi. Pemerintahan demi pemerintahan yang silih berganti ternyata tidak mampu membangun sebuah perekonomian yang kokoh, memakmurkan, mensejahterakan dan adil bagi seluruh rakyat. Hal ini menimbulkan permasalahan kompleks, diantaranya yaitu pengangguran yang tinggi dan kemiskinan, sangat diperlukan suatu tindakan nyata untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Salah satunya yaitu dengan program pemberdayaan masyarakat. Usaha pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada untuk dijadikan sebuah usaha berbasis home industri, yaitu memanfaatkan daun dari tanaman-tanaman untuk dijadikan kripik daun. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana upaya peningkatan perekonomian masyarakat oleh Kelompok Tani Retno Makmur melalui industri kripik daun di Pilahan Utara dan hasil yang dicapai dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat oleh Kelompok Tani Retno Makmur melalui industri kripik daun di Pilahan Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah (1) upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui industri kripik daun ada tiga yaitu, pelatihan usaha, membangun jaringan (kemitraan), pemasaran. Dalam Pelatihan usaha ada beberapa cara yaitu, pelatihan produksi dan pelatihan marketing atau pemasaran. Membangun jaringan atau kemitraan berfungsi sebagai meningkatkan pengelolaan industri kripik daun yang berkerjasama dengan Pemkot, UNY, dan UGM. Pemasaran yang dilakukan ada beberapa cara yaitu mencari tempat yang mendukung, melalui toko oleh-oleh, di pasar, dan media online (website). (2) Hasil dari upaya peningkatan perekonomian masyarakat melalui industri kripik daun ini adalah meningkatnya pendapatan/pemasukan ekonomi para pedagang kripik daun. Selain dapat meningkatkan pendapatan ekonomi juga dapat menambah pengalaman kerja. Pengalaman kerja merupakan kepuasan tersendiri para pedagang dalam menjalankan usahanya. Kata kunci: Peningkatan Perekonomian, Kelompok Tani Retno Makmur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Perekonomian, Kelompok Tani Retno Makmur
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum