UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI (Studi Di Pondok Pesantren al-Mumtaz, Kerjan, Beji, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Susanti, NIM 12230021 (2016) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI (Studi Di Pondok Pesantren al-Mumtaz, Kerjan, Beji, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI (Studi Di Pondok Pesantren al-Mumtaz, Kerjan, Beji, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
12230021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI (Studi Di Pondok Pesantren al-Mumtaz, Kerjan, Beji, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
12230021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sangat jarang sekali pondok pesantren di Indonesia yang mengajarkan berwirausaha kepada santri-santrinya, di tengah-tengah maraknya kemiskinan, pengangguran, dan ketidakberdayaan ekonomi. Namun, ada beberapa pondok pesantren di Indonesia yang memberdayakan ekonomi santrinya, salah satunya adalah pondok pesantren al-Mumtaz. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam lagi terkait pemberdayaan ekonomi santri oleh pondok pesantren al-Mumtaz. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penelitian, pertama,bagaimana upaya dan pelaksanaan pemberdayaan ekonomi santri oleh pondok pesantren al-Mumtaz . Kedua, apa manfaat yang didapat santri dari pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh pondok pesantren al-Mumtaz. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan teori dari Ginanjar Kartasasmita tentang upaya-upaya pemberdayaan, teori dari Musa Ash’ari tentang Pelaksanaan pemberdayaan ekonomi dan teori dari Edi Suharto tentang manfaat pemberdayaan ekonomi setra untuk mendukung hal tersebut peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menggambarkan hal-hal atau data-data yang bertujuan untuk mengungkap fakta yang ada di lapangan secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan atas dasar pertimbangan tertentu dengan cara peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini hasil yang didapat di lapangan menunjukan terdapat tiga upaya pemberdayaan ekonomi santri yang dilakukan pondok pesantren al- Mumtaz pertama, menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi santri berkembang dengan melalui penyadaran bahwa santri memiliki potensi dan bakat yang dapat dikembangkan. Kedua, memperkuat potensi yang dimiliki santri dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan kewirausahaan serta mengundang pelatih yang handal di bidangnya. Ketiga, meningkatkan partisipasi santri dengan menerapkan peraturan untuk mewajibkan santri Madrasah Aliyah mengikuti kegiatan kewirausahaan. Untuk pelaksanaan pemberdayaan ekonomi santri beberapa tahapan diantaranya: pelatihan usaha (deterjen, tataboga, air mineral, batik, dan jahit), permodalan, pendampingan dan pemasaran. Sedangkan manfaat yang didapat santri dari pemberdayaan ekonomi diantaranya: pertama, pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan yang dibutuhkan ketika hidup di pesantren. Kedua, kemampuan menjangkau sumber-sumber produktif seperti relasi-relasi yang membantu dalam menjalankan usaha santri. Ketiga, berpartisipasi dalam proses pembangunan. Hasil dari penelitian ini merupakan pembenaran teori yang ada sekaligus terdapat penambahan teori dalam pelaksanaan pemberdayaan ekonomi yaitu adanya proses pemasaran. Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi, Pondok Pesantren, Santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Fajrul Munawir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Pondok Pesantren, Santri.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum