PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN: STUDI PROSES DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEMBATIK OLEH ASOSIASI CANTING MAS DI DESA BAKARAN KULON, KECAMATAN JUWANA, KABUPATEN PATI

KHOIRUL UMMATIN, NIM 12230028 (2016) PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN: STUDI PROSES DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEMBATIK OLEH ASOSIASI CANTING MAS DI DESA BAKARAN KULON, KECAMATAN JUWANA, KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN: STUDI PROSES DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEMBATIK OLEH ASOSIASI CANTING MAS DI DESA BAKARAN KULON, KECAMATAN JUWANA, KABUPATEN PATI)
12230028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN: STUDI PROSES DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEMBATIK OLEH ASOSIASI CANTING MAS DI DESA BAKARAN KULON, KECAMATAN JUWANA, KABUPATEN PATI)
12230028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Bakaran dalam sejarahnya terkenal sebagai satu-satunya sentra batik di Kabupaten Pati. Namun tradisi itu semakin hari semakin pudar, terutama saat terjadi krisis moneter tahun 1998. Di sisi yang lain, di Bakaran terdapat ibu-ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan tetap. Berdasarkan hal tersebut pengusaha batik yang tersisa berusaha membangkitkan kembali usaha batik di Bakaran dengan cara memberdayakan ibu-ibu rumah tangga. Fokus penelitian ini untuk mengkaji proses pemberdayaan ekonomi perempuan oleh Asosiasi Canting Mas di Desa Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati serta mendiskripsikan dampak yang dihasilkan dari pemberdayaan ekonomi perempuan oleh Asosiasi Canting Mas di Desa Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan purposive dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengurus Asosiasi Canting Mas, anggota Asosiasi Canting Mas, pengusaha batik, pembatik dan Kepala Desa Bakaran Kulon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi perempuan oleh Asosiasi Canting Mas terdapat tiga proses tahapan, yaitu Pertama, proses penyadaran melalui ajakan secara persuasif dari satu orang ke orang lain. Kedua, proses pelatihan ketrampilan membatik, melalui pelatihan dari anggota Asosiasi Canting Mas kepada ibu-ibu Desa Bakaran Kulon, pelatihan dari Asosiasi Canting Mas kerjasama dengan pemerintah yang diberikan kepada ibu-ibu Desa Bakaran Kulon, dan pelatihan kepada sesama anggota Asosiasi Canting Mas. Ketiga, tahap pemberian bantuan melalui adanya kerjasama antara Asosiasi Canting Mas dengan pemerintah, melalui pemberian bantuan modal, peralatan membatik, dan kebijakan pemakaian batik bakaran sebagai seragam PNS Kabupaten Pati. Dampak pemberdayaan ekonomi perempuan oleh Asosiasi Canting Mas yaitu membuka lapangan pekerjaan bagi perempuan Desa Bakaran Kulon, serta menghasilkan peningkatan ekonomi perempuan Desa Bakaran Kulon. Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Asosiasi Canting Mas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Asosiasi Canting Mas
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:36
Last Modified: 30 Dec 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum