EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN) DI DUSUN KADIPOLO WETAN, DESA SALAM, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014

Muhammad Rifki Habibi Hidayatulloh, NIM 12230035 (2016) EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN) DI DUSUN KADIPOLO WETAN, DESA SALAM, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN) DI DUSUN KADIPOLO WETAN, DESA SALAM, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014)
12230035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN) DI DUSUN KADIPOLO WETAN, DESA SALAM, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014)
12230035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Skripsi ini menyajikan pelaksanaan dan evaluasi kebijakan Program Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) di Dusun Kadipolo Wetan, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang tahun 2014. Penulis memilih tentang evaluasi kebijakan Raskin ini karena ada beberapa hal unik dan menarik di dalam pelaksanaan dan evaluasi program Raskin di Dusun Kadipolo Wetan ini. Terutama yaitu karena di Dusun Kadipolo Wetan ini sebagian besar penduduknya miskin, adanya gerakan sosial di masyarakat yang mengancam tidak akan mengikuti kegiatan organisasi sosial seperti kerja bakti, gotong royong dan lainnya hanya karena kecemburuan sosial dari penerimaan Raskin. Hal tersebut sangat unik dan merupakan alasan yang sulit dipecahkan di dalam masyarakat. Sehingga kebijakan dan resolusi konflik yang terjadi pun harus dipikirkan matang-matang. Penelitian ini tentang Evaluasi Kebijakan Program Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) di Dusun Kadipolo Wetan, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang Tahun 2014. Waktu penelitian di lapangan terhitung selama dua bulan yakni dari bulan Desember 2015 sampai bulan Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan Raskin dan mendeskripsikan evaluasi kebijakan Raskin di Dusun Kadipolo Wetan, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang tahun 2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik kualitatif. Peneliti mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan Raskin dan evaluasi kebijakan Raskin yang dilakukan di Dusun Kadipolo Wetan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan peneliti menggunakan terstruktur dan tak terstuktur. Analisis keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik, yaitu dengan membandingkan temuan lapangan dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan diperoleh bahwa pelaksanaan Raskin di Dusun Kadipolo Wetan sudah berjalan sesuai dengan proses pelaksanaan yang ada di Pedoman Umum Raskin 2014 antara lain: perencanaan dan penganggaran, pengelolaan dan pengorganisasian, kebijakan penganggaran, sosialisasi Raskin, penyaluran Raskin dan Pembayaran Harga Tebus Raskin. Secara teknis pelaksanaan dan evaluasi kebijakan Raskin sudah berjalan sesuai buku Pedoman Umum, namun masih ada beberapa RTS-PM yang mengeluhkan tentang kondisi Raskin yang diterimanya, berbau apek, berkutu dan berwarna kuning, maka hal ini sangat disayangkan apabila terjadi terus-menerus. Hasil dari musyawarah evaluasi tersebut RTS-PM pokok memberikan dengan sukarela sebagian beras yang diterimanya kepada warga yang benar-benar miskin namun tidak terdaftar sebagai penerima Raskin. Dalam musyawarah itu Kepala Dusun dan Ketua RT hanya sebagai fasilitator dan menjembatani pelaksanaan musyawarah evaluasi tersebut. Kata Kunci : Program Raskin, Evaluasi, Kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Raskin, Evaluasi, Kebijakan.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum