PERAN KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL

ASNA FIKRIYAH, NIM 12230037 (2016) PERAN KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL)
12230037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL)
12230037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Asna Fikriyah, tahun 2016 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Judul skripsi: Peran Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB) dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kalipucang, Bangunjiwo, Kasongan, Bantul. Pada tahun 2006, Yogyakarta terjadi gempa bumi. Gempa bumi tersebut telah mengakibatkan kerusakan bangunan dan penurunan laju ekonomi di Yogyakarta. Salah satu daerah yang terkena gempa bumi adalah Kasongan, yang terkenal dengan industri gerabah. Terjadinya gempa bumi mengakibatkan pengangguran dan peningkatan kemiskinan, karena para pengrajin kehilangan pencahariannya dan hampir seluruh mesin produksi rusak. Menurut Muhammad Hatta salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan yaitu dengan adanya koperasi. Salah satu koperasi yang berada di kabupaten Bantul adalah koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB). Koperasi KUB didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang sempat menurun akibat gempa bumi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Kalipucang pasca gempa dan bagaimana hasil yang dicapai oleh Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Kalipucang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball dengan informan kunci Bapak Ngadiyana, selaku ketua Koperasi KUB. Dari ketua koperasi, peneliti mendapatkan catatan untuk mewawancarai sekretaris koperasi, kemudian 4 anggota koperasi, dan 2 masyarakat sekitar koperasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat meliputi: adanya pinjaman modal, penyediaan bahan baku kerajinan, adanya pelatihan ketrampilan, penguatan jaringan (networking), pemasaran dan kerjasama. (2) hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah: adanya keberlangsungan usaha, terciptanya lapangan pekerjaan baru oleh anggota koperasi, dan peningkatan pendapatan anggota. Kata Kunci: Peran Koperasi, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Hasil Pemberdayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Koperasi, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Hasil Pemberdayaan
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:37
Last Modified: 30 Dec 2016 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23342

Actions (login required)

View Item View Item