PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA VOKASI DI KELURAHAN GEDUNGSARI KECAMATAN MAGELANG UTARA KOTA MAGELANG

Fatimah Zahrotul Hayati, NIM 12230077 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA VOKASI DI KELURAHAN GEDUNGSARI KECAMATAN MAGELANG UTARA KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA VOKASI DI KELURAHAN GEDUNGSARI KECAMATAN MAGELANG UTARA KOTA MAGELANG)
12230077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA VOKASI DI KELURAHAN GEDUNGSARI KECAMATAN MAGELANG UTARA KOTA MAGELANG)
12230077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fatimah Zahrotul Hayati, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Vokasi di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilatarbelakangi oleh tingkat kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Untuk menanggulangi peningkatan kemiskinan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAIDNI) meluncurkan program desa vokasi. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan keterampilan produksi yang sesuai dengan sumber daya yang ada di kawasan yang diberdayakan. Kelurahan Kedungsari Kota Magelang merupakan salah satu kelurahan di kota magelang yang mendapatkan bantuan Program Desa Vokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang dan hasil yang dicapai dalam pemberdayaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Hubermant dimana analisis dilakukan pada saat wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan pemberdayaan melalui Program Desa Vokasi yang dilakukan oleh Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang meliputi tahap sosialisasi, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemberian bantuan dan tahap evaluasi. Sedangkan hasil dari pemberdayaan melalui Program Desa Vokasi yaitu meningkatkan ketrampilan, meningkatkan jiwa kemandirian dan meningkatkan partisipasi anggota kelompok. Kata kunci: program desa vokasi, tahap pemberdayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: program desa vokasi, tahap pemberdayaan
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:41
Last Modified: 30 Dec 2016 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum