ANALISIS MANAJEMEN PELATIHAN DALAM LATIHAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI (HMI-MPO)

Salman Fanani, NIM: 09240052 (2016) ANALISIS MANAJEMEN PELATIHAN DALAM LATIHAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI (HMI-MPO). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN PELATIHAN DALAM LATIHAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI (HMI-MPO))
09240052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN PELATIHAN DALAM LATIHAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI (HMI-MPO))
09240052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Salman Fanani, 09240052. Analisis Manajemen Pelatihan Dalam Latihan Kader Himpunan Mahasiswa Islam–Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO). Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Sumber daya manusia merupakan salah satu kunci kenberhasilan suatu bangsa. Mahasiswa sebagai penerus bangsa dituntut dapat menjadi pelopor perubahan. Perubahan yang positif tentunya perlu proses yang panjang dan berkesinambungan dan didasari akhlak dan dapat penerapan nilai – nilai keislaman. Penanaman nilai – nilai keislaman ini dapat didapat dari proses beorganisai yang menjadi alat pembentukan karakter. Salah satu organisasi mahasiswa yang mempunyai visi menanamkan nilai islam adalah Himpunan Mahasiswa Islam – Majlis Penyelamat Organisai (HMI-MPO). HMI-MPO adalah suatu lembaga mahasiswa yang berorientasi dalam pada perkaderan yang bernafaskan nilai keislaman. Perkaderan dilakukan untuk menumbuhkan nilai kebersamaan atau jama’ah yang menumbuhkan sikap tanggungjawab dan saling menolong dengan cara penggalian dan pengembangan potensi kreatif kader dengan memberikan prinsip dasar keislaman, kepribadian, keilmuan, sosial kemasyarakatan dan keorganisasian melalui forum pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pelatihan yang dilakukan HMI-MPO . Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data berupa hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini subyek penelitian adalah pihakpihak yang berkaitan dengan latihan kader di HMI-MPO dan alat analisis yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan latihan kader mengimplementasikan tahapan-tahapan manajemen pelatihan sebagai sarana mencapapai tujuan pelatihan. Perencanaan latihan kader dilakukan dengan proses pembentukan panitia, pembentukan tim, pembuatan proposal. Penyusunan materi pelatihan dengan melakukan pembagian materi, yaitu; materi asas, materi penunjang, dan materi alat. Tahapan pelaksanaan terdiri dari persiapan belajar, pemilihan metode pelatihan dan metode pengelolaan latihan kader. Evaluasi komponen pelatihan dilakukan dengan lembar evaluasi dan hasil dari evaluasi digunakan untuk acuan tindak lanjut pasca pelatihan. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Perkaderan., Latihan Kader

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelatihan, Perkaderan., Latihan Kader
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jan 2017 08:18
Last Modified: 05 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum