Pengaruh Pelatihan Spiritual Untuk Meningkatkan Resiliensi pada Residen Penyalahguna Narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta

Abdul Basit, NIM. 1110079 (2016) Pengaruh Pelatihan Spiritual Untuk Meningkatkan Resiliensi pada Residen Penyalahguna Narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pelatihan Spiritual Untuk Meningkatkan Resiliensi pada Residen Penyalahguna Narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta)
11710079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Pelatihan Spiritual Untuk Meningkatkan Resiliensi pada Residen Penyalahguna Narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta)
11710079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan spiritual untuk meningkatkan resiliensi pada residen penyalahguna narkoba di panti sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta. Subjek penelian ini adalah residen penyalahguna narkoba yang sedang menjalankan program rehabilitasi pada tahap aftercare di panti sosial Pamardi Putra “Sehat Mandiri” Yogyakarta yang berjumlah 6 orang. Subjek dalam penelitian ini mendapatkan pelatihan spiritual yang disusun berdasarkan aspek-aspek spiritual, yaitu makna hidup, emosi positif, pengalaman spiritual, dan ritual. Pelatihan ini terdiri dari empat sesi dan diberikan selama dua hari. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala resiliensi yang diadaptasi dari Maslahah (2011) yang disusun berdasarkan teori Kumpfer. Metode analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank test menghasilkan nilai Z sebesar -1,625 dengan nilai p= 0,104 (p>0,05). Sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan pelatihan spiritual untuk meningkatkan resiliensi residen penyalahguna narkoba sesudah mengikuti pelatihan spiritual. Maka hipotesis pengaruh pelatihan spiritual untuk meningkatkan resiliensi residen penyalahguna narkoba dalam penelitian ini ditolak. Kata kunci: Resiliensi, Pelatihan Spiritual, Residen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nuristighfari Masri Khaerani S. Psi., M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Pelatihan Spiritual, Residen.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:06
Last Modified: 13 Jan 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23367

Actions (login required)

View Item View Item