SEBAB-SEBAB RUNTUH DAN JAYA NEGARA (STUDI PENAFSIRAN SYAIKH MUHAMMAD AL-GHAZALI ATAS SURAT AL-ISRA’ DALAM KITAB NAHWA TAFSIR MAUDHU’I LI SUWAR AL-QUR’AN AL-KARIM)

AZHARI ANDI, NIN. 13531165 (2016) SEBAB-SEBAB RUNTUH DAN JAYA NEGARA (STUDI PENAFSIRAN SYAIKH MUHAMMAD AL-GHAZALI ATAS SURAT AL-ISRA’ DALAM KITAB NAHWA TAFSIR MAUDHU’I LI SUWAR AL-QUR’AN AL-KARIM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEBAB-SEBAB RUNTUH DAN JAYA NEGARA (STUDI PENAFSIRAN SYAIKH MUHAMMAD AL-GHAZALI ATAS SURAT AL-ISRA’ DALAM KITAB NAHWA TAFSIR MAUDHU’I LI SUWAR AL-QUR’AN AL-KARIM))
13531165_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SEBAB-SEBAB RUNTUH DAN JAYA NEGARA (STUDI PENAFSIRAN SYAIKH MUHAMMAD AL-GHAZALI ATAS SURAT AL-ISRA’ DALAM KITAB NAHWA TAFSIR MAUDHU’I LI SUWAR AL-QUR’AN AL-KARIM))
13531165_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mendiskusikan tentang sebab-sebab kehancuran dan kejayaan negara perspektif Muhammad al-Ghazali dalam tafsir surat al-Isra’. Muhammad al-Ghazali seorang intelektual muslim Kairo menyebutkan sebab-sebab yang menjadi indikasi bagi datangnya kejayaan dan kehancuran suatu negara. Menurutnya, sebab-sebab tersebut telah didiagnosa oleh surat ke tujuh belas al- Qur’an, yakni surat al-Isra’. Apakah sebab-sebab yang dapat menggiring negara kepada lembah kehancuran dan puncak kejayaan yang didiagnosa oleh surat al- Isra’ perspektif Muhammad al-Ghazali? Bagaimana relevansinya dengan konteks Indoensia? Pertanyaan-pertanyaan ini menarik diajukan karena pandangan Muhammad al-Ghazali diperoleh dari penafsiran al-Qur’an dalam satu surat yang utuh, berbeda dengan kebanyakan pendangan pakar yang digali dari fakta sejarah, sebut saja Ibnu Khaldun. Dua pertanyaan di atas merupakan fokus kajian ini yang diulas dalam penelitian yang bersifat library research. Data yang diperoleh diolah dengan metode deskriptif analitik. Adapun sumber primer penelitian ini adalah kitab tafsir Nahwa Tafsir Maudhu’i Li Suwar al-Qur’an al-Karim karya Muhammad al- Ghazali, dan data-data terkait tentang kehancuran dan kejayaan negara merupakan data sekunder, baik dalam bentuk buku, artikel, surat kabar, dan lain-lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa Menurut Muhammad al-Ghazali, beberapa sebab runtuh dan jayanya negara telah didiagnosa dalam surat al-Isra’. Di antara sebab-sebab yang dapat membawa negara pada kehancuran adalah (1) Pemerintahan tirani atau zalim; (2) Ketidakmampuan dalam memanajemen pemerintahan; (3) Dekadensi moral pejabat negara; (4) Suka berbuat kerusakan; dan (5) Sombong atau meninggalkan wahyu. Sedangkan sebab-sebab yang dapat menopang negara menuju kejayaan adalah (1) Kembali kepada al-Qur’an; (2) Berakhlak baik; (3) Menjauhi sikap berfoya-foya; (4) Menjauhi perbuatan zina/ membuat undang-undang pelarangan zina; (5) Menjauhi tindak pidana/ membuat undang-undang tindak pidana; (6) Adil; (7)Menggali potensi alam; (8) Menggali potensi sumber daya manusia (SDM). Sebab-sebab di atas ada beberapa yang tidak relevan dengan konteks Inodensia, yakni penegakan hukuman zina (dera) dan pidana (Qisas/eksekusi) serta sistem pemerintahan tirani, karena Indonesia negara hukum yang mengacu pada Pancasila dan UUD 1945. Dari sebab-sebab tersebut, Indonesia sedikit banyak sudah menyentuh sebab-sebab kehancuran, seperti dekadensi moral pejabat. Namun, apabila hal tersebut disadari dan mau diubah, maka Indonesia juga berpotensi menjadi negara yang makmur dengan potensi alam yang kaya, SDM yang terus diusahakan dan ditingkatkan, serta nilai-nilai spirit al-Qur’an yang tertanam dalam dasar hukum Indonesia dengan aplikasi yang berlandaskan asas keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Afdawaiza, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penafsiran Syaikh Muhammad al-Ghazali
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2017 07:08
Last Modified: 06 Jan 2017 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item View Item