INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM SLEMAN

MUHAMMAD JADID, NIM. 11410117 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM SLEMAN)
11410117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM SLEMAN)
11410117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Alam Nurul Islam Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam Sleman adalah proses penanaman nilai-nilai keislaman kepada peserta didik supaya dimengerti, dipahami, dan diterima untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan melestarikan nilai-nilai agama islam sebgai bekal beribadah kepada Allah SWT. Internalisasi nilai-nilai keislaman dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar dengan memberi pemahaman tentang nilai-nilai keislaman dan memberi kesempatan untuk mengaktualisasikannya. Di SMP IT Alam Nurul Islam yang bertanggung jawab dalam penginternalisasian nilai-nilai keislaman adalah guru dan karyawan. Adapun nilai-nilai keislaman yang diinternalisasikan antara lain: nilai religius, nilai berbakti kepada orang tua dan guru, nilai menghormati, nilai kasih sayang, nilai rajin, nilai tertib, nilai kebersihan, dan nilai santun. (2) Internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam Sleman dilakukan dengan cara: Transformasi Nilai, Transaksi Nilai, dan Transinternalisasi Nilai. Adapun faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam adalah guru yang kompeten dalam bidang PAI, lingkungan yang islami serta kondusif untuk belajar, fasilitas di kelas memadai, serta dewan kelas. Sedangkan faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai x keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam adalah tidak ada dorongan dari orang tua untuk mengaplikasikan nilai-nilai keislaman yang telah di internalisasikan di sekolah serta kondisi peserta didik yang mulai beranjak remaja, sehingga ingin mengaktualisasi diri dengan tidak menaati peraturan yang ada di kelas maupun di SMP IT Alam Nuru Islam Sleman. (3) Hasil dari internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam Sleman adalah peserta didik senantiasa membaca Al Qur’an setiap hari, peserta didik senantiasa shalat Dzuhur berjamaah, peserta didik senantiasa shalat dhuha, peserta didik senantiasa berdoa saat memulai dan mengakhiri pembelajaran, peserta didik saling memberi dan menjawab salam ketika bertemu, dan peserta didik senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: - Dr. Sabarudin, M.Si. - Mohon Maaf Skripsi ini tidak bisa diakses dengan alasan tertentu
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, nilai nilai keislaman, pembelajaran agama islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:26
Last Modified: 23 Apr 2018 12:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum