IMPLEMENTASI KONSEP FIQH SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

NAELA RIZKY, NIN. 12410003 (2016) IMPLEMENTASI KONSEP FIQH SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP FIQH SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SKRIPSI)
12410003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP FIQH SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SKRIPSI)
12410003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep fiqh sosial dalam pendidikan agama Islam SMK serta mengetahui implementasi konsep fiqh sosial dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam SMK. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pengelola pendidikan dan sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran agama Islam khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yang datanya bersifat kualitatif. Analisis data menggunakan deskripsi analisis yang menguraikan secara teratur konsep yang ada relevansinya dengan pembahasan. Untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep fiqh sosial dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Isam di SMK. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam khususnya di SMK membutuhkan piranti pengembangan yang bisa membawanya keluar dari batasan-batasan formalistik yaitu ranah sosial. Dengan konsep fiqh sosial yang digagas oleh dua ulama fiqh Indonesia, KH. MA. Sahal Mahfudh dan KH. Ali Yafie, kurikulum pendidikan agama Islam diharapkan dapat dikembangkan dari mazab qauli ke mazab manhaji (metodologi). Konsep fiqh sosial dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK merupakan penggabungan antara komponen fiqh dan komponen sosial yang diproyeksikan ke dalam atau melalui proses pembelajaran di kelas. Implementasi dari konsep fiqh sosial ini menunjukkan perlu adanya komponen kurikulum yang menggunakan segi etik sebagai acuannya. Penelitian ini juga menunjukkan adanya kemungkinan pengembangan oleh guru pendidikan agama Islam dalam rangka mengubah paradigma peserta didik agar lebih kontekstual. Hendaknya kurikulum pendidikan agama Islam dapat memberikan pengaruh secara teoritis maupun praktis dalam pembentukan kesadarab berpikir kritis bangsamaupun umat Islam khususnya tentang perlunya berkiprah di ranah sosial. Kemaslahatan bersama adalah yang utama sebagai tujuan dari pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Fiqh sosial, pengembangan kurikulum, pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:32
Last Modified: 09 Jan 2017 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum