PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AHMAD SAMSUDIN, NIM.12410013 (2016) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Media digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan memberikan kemudahan dan membantu peserta didik dalam belajar. Begitu juga dengan menggunakan media berbasis IT. Media tersebut digunakan untuk memberikan kemudahan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Media berbasis IT yaitu media PowerPoint, media video, media elearning digunakan pada materi yang membutuhkan penjelasan khusus yang tidak bisa hanya menggunakan logika/akal, jadi tidak semua materi menggunakan media berbasis IT. Siswa merasa senang jika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dikelas bervariasi supaya tidak monoton, diantaranya yaitu dapat menggunakan media berbasis IT dalam pembelajaran. Sebagai contoh pada materi bab penyebaran islam di pulau jawa dengan menggunakan berbagai media kesenian yaitu gamelan, wayang dan lain-lain. Siswa tidak hanya membayangkan bunyinya, bentuknya seperti apa, namun dengan diberikan media berbasis IT yaitu media video tentang gamelan atau wayang siswa mendapat gambaran tentang bunyi gamelan dan bentuk wayang. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 dan IPS3 di MAN Yogyakarta III. Pengambilan sampel dilakukan tengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas, normalitas, linieritas dan analisis data meliputi regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media berbasis IT terhadap minat belajar SKI siswa kelas XI IPS di MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan tabel model summary pada uji regresi linier sederhana, koelasi jika (r hitung r tabel). Diketahui R atau nilai korelasi kedua veriabel adalah R = 0,682. Nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya korelasi/ pengaruh yang signifikan antara penggunaan media berbasis IT terhadap minat belajar siswa R=(0,682 0,381), sedangkan nilai R squar atau R2 = 0,466. Angka tersebut menunjukan besar kontribusi bahwa penggunaan media berbasis IT yaitu media PPT, Video, Elearning berpengaruh dengan kontribusi 46,6% terhadap minat belajar, sementara kontribusi sisanya yaitu 53,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui leh peneliti. maka Ho di tolak dan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Media Berbasis IT, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:13
Last Modified: 09 Jan 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23406

Actions (login required)

View Item View Item