KONSEP FEMINISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP PUSAT STUDI WANITA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

ABDUL GAFUR, NIM. 09470172 (2016) KONSEP FEMINISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP PUSAT STUDI WANITA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP FEMINISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP PUSAT STUDI WANITA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
09470172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP FEMINISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP PUSAT STUDI WANITA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
09470172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul dari banyaknya wacana dan gerakan feminisme di Indonesia. Isu-isu terkait kesetaran perempuan menjadi kajian baik di kalangan individu atau kelompok maupun lembaga, tidak terkecuali lembaga pendidikan. Persolannya, bagaimana feminisme dengan isu kesetaraan antara lakilaki dan perempuan diimplementasikan? Inilah yang patut dikaji sehingga feminisme tidak hanya sekedar wacana. Karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep feminisme PSW UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan bagaimanakah implementasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah konsep feminisme PSW UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan bagaimanakah implementasinya dalam pendidikan Islam. Dengan memakai pendekatan filsafat, penelitian ini berupaya mengungkap gagasan feminisme PSW UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari sisi bagaimana sebenarnya konsep feminisme PSW tersebut dan implementasinya dalam pendidikan Islam, serta argumentasi dan tujuan yang mendasarinya. Dari jenisnya, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dan bertempat di Pusat Studi Wanita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisa data dilakukan dengan Deskriptif-Analitis. Data-data yang diperoleh dideskripsikan kemudian dianalisa dan tahap akhir disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1 kosep feminisme PSW UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah konsep feminisme Islam. Hal ini diketahui dari pandangannya tentang kesetaraan dan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam. 2 Implementasi konsep feminisme PSW dalam pendidikan Islam: (1) Pendidikan harus berparadigma gender. (2) Pendidikan Islam harus mampu menanamkan pemahaman kesadaran gender. Ini bisa dilakukan dengan langsung menjadi steakholder terlaksananya pemberdayaan masyarakat seperti melakukan kajian-kajian gender, mendorong perubahan kurikulum ke arah pendidikan berbasis gender serta mendorong muatan pendidikan berbasis gender bagi tingkat pendidikan sedini mungkin. (3) Pendidikan Islam harus diorientasikan untuk memenuhi hak dasar manusia. Pendidikan Islam harus terbuka untuk semua kalangan dan bisa diakses oleh setiap orang tanpa membedakan status sosial tertentu, termasuk jenis kelamin. (4) Secara kelembagaan, ide-ide feminisme PSW UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terimplementasi dalam hal akses pendidikan dan proses pembelajaran. Di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, laki-laki dan perempuan mendapat kesempatan dan kedudukan yang sama dan setara dalam menempuh pendidikan dan mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Implementasi, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:16
Last Modified: 09 Jan 2017 02:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item