PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN

NOVAN FADRIZAL FAHMI, NIM. 09470167 (2016) PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN)
09470167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN)
09470167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah bahwa belum lama ini penulis melihat kondisi dimana anak-anak banyak tergerus akhlaknya akibat perkembangan teknologi, teknologi memberi dampak yang tidak baik ditambah lagi dengan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak-anak mereka, seakan-akan mereka bebas bermain. Sebagai contoh ketika anak melihat acara televisi di waktu mahrib mereka lebih memilih untuk melihat acara televisi daripada harus beribadah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar orang tua siswa MTs Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Petanahan Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan triangulasi, triangulasi sumber, triangulasi waktu dan, triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1. Kurangnya pengetahuan orang tua terhadap perkembangan teknologi menjadi kendala utama pendidikan bagi anak. 2. Kedekatan antara orang tua dan anak memberi dampak kurang baik bagi proses pembelajaran akhlak bagi anak di rumah. 3. orang tua sesungguhnya sudah memberikan nasehatnasehat yang baik serta memeriksa dan memantau kegiatan anak baik di rumah maupun di madrasah, mengajarkan tentang berperilaku baik. Mengajarkan bagaimana berakhlak kepada ALLAH, berakhlak kepada Rasulullah, berakhlak kepada orang tua, berakhlak kepada diri sendiri dan berakhlak kepada orang lain sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edi Yusuf Nur SS, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Akhlak Bagi Anak, Dampak Perkembangan Teknologi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 09:35
Last Modified: 09 Jan 2017 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum