METODE PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT SAMSUL MUNIR AMIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

AMAR AKBAR, NIM. 12410114 (2016) METODE PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT SAMSUL MUNIR AMIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT SAMSUL MUNIR AMIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT SAMSUL MUNIR AMIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (736kB)

Abstract

Penelitian berlatar belakang dari permasalahan remaja serta dampak sains dan teknologi yang berkaitan dengan masalah psikologi seakan menggeser ruang religius dan psikologi manusia, sehingga banyak dari mereka yang terjatuh ke dalam ketegangan mental. Munculnya ketegangan mental serta pribadi remaja yang pasif dan condong ke arah perilaku yang negatif, dikarenakan pendidikan yang masih kurang tegas dan akurat dalam memberikan pengarahan dan penekanan di dalam membina dan mendidik para pelajar. Jiwa dan hati yang senantiasa bernafaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, adalah pondasi yang sangat mendasar sekaligus penting bagi pelajar dalam membentuk pribadi yang Islami. Dari hal tersebut, Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam pembentukan karakter seorang pelajar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang ada adalah bagaimana konsep psikoterapi Islam, kemudian implementasi psikoterapi Islam dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Pustaka (Library Reseach). Studi pustaka adalah penelitian yang teknik pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (perpustakaan) dengan didasarkan atas pembacaanpembacaan terhadap beberapa literatur yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analisis), metode ini merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini, peneliti fokus terhadap pemikiran dan karya dari Samsul Munir Amin. Data tersebut dianalisa kemudian diselaraskan dengan sebuah konsep yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan mencoba memasukkannya ke dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep psikoterapi Islam memberikan penanganan dan solusi terhadap problema peserta didik khususnya dalam ruang lingkup Pendidikan Agama Islam, sesuai dengan tingkat kebutuhan dari masing-masing peserta didik. Psikoterapi Islam menawarkan konsep keseimbangan antara kebutuhan fisik dan jiwa, dengan senantiasa istiqomah sebagai hamba Allah serta berupaya dalam pengembangan diri, seperti membersihkan jiwa, meningkatkan derajat, menumbuhkan akhlak yang mulia dan meningkatkan potensi sebagai kholifah di muka bumi. 2) Implementasi psikoterapi Islam dalam Pendidikan Agama Islam mengambil peranan yang besar terhadap perkembangan pendidikan anak, ia berperan penting dalam menjaga, mengarahkan, nilai edukatif dan pengendali lingkungan pendidikan yang akan membentuk generasi yang berjiwa sehat. Dengan konsep ketaatan dalam beragama yang ditawarkan oleh psikoterapi Islam, diharapkan menjadi benteng kokoh untuk mencegah dan melindungi dari ketegangan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam, Pendidikan Agama Islam, Kesehatan Jiwa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 11:51
Last Modified: 09 Jan 2017 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23413

Actions (login required)

View Item View Item