HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IRMA NUR’AINI LATIFAH, NIM. 12410130 (2016) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK SHALAT FARDHU PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (925kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kualitas shalat fardhu peserta didik yang rendah. Kualitas shalat peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal, salah satunya prestasi belajar fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara prestasi belajar fiqih dengan kualitas shalat fardhu peserta didik kelas VII MTs Negeri Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 176 peserta didik, dimana pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random, dengan jumlah sampel sebanyak 119 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk instrumen kualitas shalat fardhu dan metode dokumentasi (nilai raport semester ganjil) untuk instrumen prestasi belajar fiqih. Analisis instrumen kualitas shalat fardhu meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 46 butir soal terdapat 33 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.734 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan seberapa baik variabel Kualitas Shalat Fardhu Peserta Didik dan analisis korelasi product moment untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Prestasi Belajar Fiqih dengan Kualitas Shalat Fardhu Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Pedan Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas shalat fardhu peserta didik kelas VII MTs Negeri Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 79 – 88. (2) Prestasi belajar fiqih peserta didik kelas VII MTs Negeri Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 82 – 85. (3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara prestasi belajar fiqih dengan kualitas shalat fardhu peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,815 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan sangat signifikan antara prestasi belajar fiqih dengan kualitas shalat fardhu peserta didik. maka semakin tinggi prestasi belajar fiqih peserta didik semakin tinggi juga kualitas shalat fardhu peserta didik dan semakin rendah prestasi belajar fiqih peserta didik semakin rendah pula kualitas shalat fardhu peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Fiqih, Kualitas Shalat Fardhu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 15:02
Last Modified: 09 Jan 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum