IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 10 PURWOREJO JAWA TENGAH

RUKHAMAH, NIM. 09470140 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 10 PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 10 PURWOREJO JAWA TENGAH)
09470140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 10 PURWOREJO JAWA TENGAH)
09470140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa manajemen kelas merupakan salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar yang harus dikuasai oleh setiap guru. Jika guru mampu mengelola kelas dengan baik, maka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai perencanaan. Kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo merupakan kelas yang sangat tidak kondusif dibanding kelas lain. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian terkait implementasi manajemen kelas dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII C, dan pendekatan apa saja yang diterapkan oleh guru yang mengajar di kelas tersebut, serta apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan manajemen kelas dalam mengefektifkan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SMP Negeri 10 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, waawancara dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah orang yang mengetahui, berkaitan dan menjadi pelaku dari suatu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan informasi. Sedangkan pemeriksaan data dilakuakan dengan mengadakan triangulasi data yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses pelaksanaan manajemen kelas, pendekatan apa saja yang dilakukan guru, serta apa faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan manajemen kelas dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo. Dalam pelaksanaan manajemen kelas sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi belum dapat tercapai secara maksimal. Pada pelaksanaan manajemen kelas terlebih dahulu guru mempersiapkan RPP, alat pembelajaran, media pembelajaran. Adapun pendekatan manajemen kelas yang diakukan guru dalam mengefektifkan belajar siswa kelas VIII C yaitu, pendekatan kekuasaan, pendekatan kebebasan, pendekatan pengajaran, pendekatan kelompok, pendekatan sosio-emisional. Serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas. Faktor penghambat meliputi: adanya siswa pengacau, peran orang tua siswa yang kurang mendukung belajar siswa, guru kurang mampu memecahkan masalah, rendahnya kecerdasan intelektual siswa. Sedangkan faktor pendukung meliputi: kebersihan kelas terjaga, penerangan dan ventilasi cukup, sarana di dalam kelas memadai, ketenangan kelas, dan adanya beberapa siswa aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Efektifitas Belajar Siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 14:01
Last Modified: 09 Jan 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum