ANALISIS KONTRIBUSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2015)

KARUNIA PUTRI, NIM. 12820071 (2016) ANALISIS KONTRIBUSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2015). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRIBUSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2015))
12820071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRIBUSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2015))
12820071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antara perbankan syariah dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta hubungan jangka panjang dari keduanya. Beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa terdapat hubungan yang searah, baik perbankan syariah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, maupun pertumbuhan ekonomi mempengaruhi perbankan sariah. Bahkan ada juga yang menemukan bahwa terdapat hubungan dua arah (timbal balik) antara keduanya. Penelitian ini menggunakan uji kointegrasi dan Vector Error Correction Model (VECM) untuk melihat apakah perbankan syariah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi yang mentransformasi perkembangan perbankan syariah dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan data time series Gross Domestic Product (GDP), Total Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Total Pembiayaan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara perbankan syariah dengan pertumbuhan ekonomi (GDP) Indonesia merupakan hubungan dua arah (timbal balik), dimana perbankan syariah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mempengaruhi perbankan syariah. Melalui penelitian ini juga disimpulkan bahwa antara perbankan syariah dengan pertumbuhan ekonomi (GDP) Indonesia terdapat hubungan jangka panjang. Kata Kunci: Gross Domestic Product, Total Pembiayaan, Total DPK, kausalitas dan VECM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: JOKO SETYONO, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gross Domestic Product, Total Pembiayaan, Total DPK, kausalitas dan VECM
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jan 2017 10:49
Last Modified: 10 Jan 2017 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum