PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PLUS DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA

MUHAMMAD ALI NUR IHSAN, NIM. 09470014 (2016) PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PLUS DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PLUS DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
09470014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PLUS DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
09470014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mutu menjadi sebuah perbincangan yang hangat tidak hanya dibidang ekonomi saja, tapi juga disebuah lembaga di bidang pendidikan. Dalam pendidikan, mutu menjadi tolok ukur bagi para pelanggan dan pemakai pendidikan yaitu orang tua, intansi baik swasta maupun pemerintah yang akan menggunakan jasa-jasa dari hasil didikan dari sebuah pendidikan. Pendidikan dikatakan bermutu jika ada kerja sama dan keseimbangan antara input, proses dan output, kemudian pendidikan disebut bermutu dari segi proses jika proses belajar-mengajar berlangsung secara efektif, dan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang bermakna, ditunjang oleh sumber daya (manusia, dana, sarana, prasarana) yang wajar dan memadai. Sebagai salah satu lembaga pendidiakan Islam, SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta berkopenten untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Pencapain dengan menggunakan analisis SWOT berdasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenghts) dan peluang (opportunities), akan tetapi secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis SWOT pada Program Plus SD Muhammadiyah PAkel Yogyakarta dalam usaha peningkatan mutu pendidikanya. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Adalah pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain pengumpulan dokumentasi, observasi, wawancara yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskreptif kualitatif Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Penerapan analisis SWOT pada Program Plus di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta dengan alasan agar pihak sekolah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman guna menentuka strategi yang tepat dalam meningkatkan mutu pendidikan. (2) Proses penerepan analisis SWOT dengan terlebih dahulu melakukan analisis terhadap aspek lingkungan internal maupun eksternal sekolah. (3) Hasil penerapan analisis SWOT pada Program Plus di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta, adalah bahwa secara umum mutu pendidikannya sudah memenuhi standar nasional, namun demikian masih terdapat beberapa komponen yang harus diperbaiki, atau dikembangkan agar mutu pendidikan dapat dicapai sesuai dengan tujuan sekolah. (4) Manfaat penerapan analisis SWOT di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta adalah dapat memaksimalkan kekuatan (strenghts) dan peluang (opportunities), adan secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Penerapan Analisis SWOT, Managemen Pendidikan, SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jan 2017 10:53
Last Modified: 10 Jan 2017 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum