TELAAH SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (KAJIAN TERHADAP BUKU FINNISH LESSONS: MENGAJAR LEBIH SEDIKIT, BELAJAR LEBIH BANYAK ALA FINLANDIA KARYA PASI SAHLBERG)

SITI NUR BAUTTY, NIM. 12410154 (2016) TELAAH SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (KAJIAN TERHADAP BUKU FINNISH LESSONS: MENGAJAR LEBIH SEDIKIT, BELAJAR LEBIH BANYAK ALA FINLANDIA KARYA PASI SAHLBERG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (KAJIAN TERHADAP BUKU FINNISH LESSONS: MENGAJAR LEBIH SEDIKIT, BELAJAR LEBIH BANYAK ALA FINLANDIA KARYA PASI SAHLBERG))
12410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TELAAH SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (KAJIAN TERHADAP BUKU FINNISH LESSONS: MENGAJAR LEBIH SEDIKIT, BELAJAR LEBIH BANYAK ALA FINLANDIA KARYA PASI SAHLBERG))
12410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sistem pendidikan yang bagus akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Namun, kenyataannya sistem pendidikan Islam di Indonesia masih dinilai belum bagus. Salah satu Negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik yang telah diakui dunia adalah Finlandia. Sistem Pendidikan di Finlandia diuraikan dengan cukup lengkap oleh Pasi Sahlberg dalam buku Finnish Lesson. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang sistem pendidikan di Finlandia dan relevansinya dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana sistem pendidikan di Finlandia menurut buku Finnish Lessons karya Pasi Sahlberg, bagaimana relevansi sistem pendidikan di Finlandia dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan mengambil data dari buku Finnish Lessons karya Pasi Sahlberg. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif serta analisis deduktif yang diawali dari fakta-fakta umum menuju kepada arah yang lebih khusus untuk mencari kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sistem Pendidikan di Finlandia menurut buku Finnish Lessons karya Pasi Sahlberg memiliki tujuan pendidikan untuk mewujudkan high level education. Peserta didik di Finlandia memiliki jam belajar yang relatif singkat di sekolah. Mereka tidak dibebani dengan banyak pekerjaan rumah, ujian terstandar bertaruhan tinggi dan tidak ada sistem ranking. Guru di Finlandia harus memiliki gelar master, mengajar dengan metode pembelajaran kooperatif dan melakukan evaluasi terhadap siswa. Perencanaan kurikulum adalah tanggung jawab guru, sekolah dan pemerintah kota. Pembiayaan pendidikan di Finlandia dari jenjang sekolah dasar hingga pendidikan tinggi dan pendidikan orang dewasa, hampir sepenuhnya dengan sumber publik. (2) relevansi sistem pendidikan di Finlandia dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia: tujuan pendidikan yang menerapkan konsep education for all. Layanan terhadap peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Guru yang memiliki kedudukan sebagai tenaga professional. Penerapan metode pembelajaran kooperatif. Guru memegang peranan penting dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan kurikulum di sekolahnya masing-masing. Pelaksanaan evaluasi diagnostik, formatif, sumatif dan evaluasi menyeluruh terhadap kemajuan siswa di setiap semester. Pembiayaan pendidikan oleh publik atau dana dari kas Negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan, Finlandia, Islam, Finnish Lessons
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2017 13:30
Last Modified: 10 Jan 2017 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum