REPRESENTASI SOSIAL ABDI DALEM TENTANG SABDA RAJA DAN DAWUH DALEM TERKAIT SUKSESI KEPEMIMPINAN SULTAN DI KARATON YOGYAKARTA

Ahmad Riza Fanani, NIM. 09710030 (2016) REPRESENTASI SOSIAL ABDI DALEM TENTANG SABDA RAJA DAN DAWUH DALEM TERKAIT SUKSESI KEPEMIMPINAN SULTAN DI KARATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI SOSIAL ABDI DALEM TENTANG SABDA RAJA DAN DAWUH DALEM TERKAIT SUKSESI KEPEMIMPINAN SULTAN DI KARATON YOGYAKARTA)
09710030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI SOSIAL ABDI DALEM TENTANG SABDA RAJA DAN DAWUH DALEM TERKAIT SUKSESI KEPEMIMPINAN SULTAN DI KARATON YOGYAKARTA)
09710030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi sosial abdi dalem terhadap suksesi kepemimpinan Sultan yang dikaitkan dengan sabda raja dan dan dawuh dalem I di Karaton Yogyakarta. Representasi sosial digunakan untuk mengetahui pengaruh kebijakan sabda raja dan dawuh dalem I pada pengabdian abdi dalem Karaton Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah abdi dalem Karaton Yoyakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang. Sedangkan significant others berjumlah satu orang. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dianalisis menggunakan teknik koding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi sosial yang terjadi pada abdi dalem dalam menanggapi sabda raja dan dawuh dalem I adalah penggolongan-penggolongan abdi dalem berdasarkan cara mereka menyikapi dan memaknai sabda raja dan dawuh dalem yang dikaitkan dengan suksesi kepemimpinan Sultan. Abdi dalem-abdi dalem tersebut antara lain: abdi dalem manutan, abdi dalem panengah dan abdi dalem mbalelo. Kata Kunci : Representasi sosial, abdi dalem, suksesi Sultan, Karaton Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Johan Nasrul Huda, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Representasi sosial, abdi dalem, suksesi Sultan, Karaton Yogyakarta
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:55
Last Modified: 11 Jan 2017 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum