HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA DI MAN 1 YOGYAKARTA

Nurtyas Kurniasari, NIM: 09710052 (2016) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA DI MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA DI MAN 1 YOGYAKARTA)
09710052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA DI MAN 1 YOGYAKARTA)
09710052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan menjelang ujian nasional dengan intensitas dzikir pada siswa SMA kelas 3 di MAN Yogyakarta I. Kecemasan menjelang ujian nasional adalah keadaan emosi yang tidak menyenangkan, perasaan takut dan gelisah pada saat menjelang Ujian Nasional. Bisa berupa emosi seperti tegang, atau pikiran-pikiran negatif, dapat menimbulkan gejala fisiologis seperti sakit perut; tekanan darah naik, detak jantung meningkat, juga berupa behavioral seperti menghindari situasi tertentu yang akan dihadapi. Adapun intensitas dzikir adalah kekuatan atau tingkatan, kesungguhan serta giatnya seseorang dalam mengingat Allah secara optimal berdasarkan frekuensi, durasi dan volum seseorang berdzikir dan mengingat Allah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 MAN Yogyakarta I sebanyak 32 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kecemasan menjelang ujian nasional dan skala intensitas dzikir yang disusun oleh peneliti sendiri. Analisis data menggunakan product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan menjelang ujian nasional dengan intensitas dzikir yang ditunjukkan dengan koefisien (rxy) = -0,530 , p = 0,001 (p<0,05). Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Kata kunci : kecemasan menjelang ujian nasional, intensitas dzikir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Johan Nasrul Huda, M.Si
Uncontrolled Keywords: kecemasan menjelang ujian nasional, intensitas dzikir
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jan 2017 08:06
Last Modified: 11 Jan 2017 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item