KORELASI ANTARA POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU MENGONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2016/2017)

ADHI NILA SARI, NIM. 12410230 (2016) KORELASI ANTARA POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU MENGONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2016/2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU MENGONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2016/2017))
12410230_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU MENGONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2016/2017))
12410230_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kehidupan yang sehat dengan konsumsi yang halal terutama dimulai dari keluarga. Sebab dari keluarga inilah tempat anak-anak dan keluarga pertama kali dididik mengenai prinsip-prinsip serta cara hidup yang halal dan sehat, namun pada kenyataannya konsumen di Indonesia ternyata masih memiliki kesadaran yang rendah untuk memilih produk halal. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang adanya korelasi antara pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dengan perilaku mengonsumsi produk makanan berlabel halal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan tingkat perilaku siswa dalam mengonsumsi produk makanan berlabel halal, serta menguji secara empiris hubungan antara pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dengan perilaku mengonsumsi produk makanan berlabel halal pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2016/2017 dan mengambil sampel sebanyak 123 siswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengkajian instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan korelasi Spearman Rank untuk mengetahui korelasi antara pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dengan perilaku mengonsumsi produk makanan berlabel halal. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan berada pada kategori sedang atau cukup baik. (2) Perilaku mengonsumsi produk makanan berlabel halal siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan berada pada kategori sedang atau cukup baik. (3) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pola Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dengan perilaku mengonsumsi produk makanan berlabel halal . Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Perilaku Konsumsi Makanan Halal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Munawwar Khalil, SS., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Perilaku Konsumsi Makanan Halal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2017 12:29
Last Modified: 11 Jan 2017 12:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum