PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH CEPITSARI CANGKRINGAN

MIFTAHUROHMAH HIKMASARI, NIM. 12410241 (2016) PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH CEPITSARI CANGKRINGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH CEPITSARI CANGKRINGAN)
12410241_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH CEPITSARI CANGKRINGAN)
12410241_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam sejak dini di sekolah maupun diluar sekolah untuk membentuk akhlak siswa. Dari latar belakang siswa yang berbeda-beda, minat belajar PAI cenderung masih sedikit sehingga diperlukan strategi belajar yang dapat meningkatkan minat belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Bagi sekolah-sekolah di pedesaan masih jarang digunakan media pembelajaran yang berupa audio visual karena berbagai faktor seperti tidak adanya sarana prasarana serta masih kurangnya guru yang memiliki kemampuan untuk menggunakan media tersebut. Namun di SD Muhammadiyah Cepitsari, guru PAI sudah mulai menggunakan media audio visual sebagai media mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III di SD Muhammadiyah Cepitsari, serta mengathui hasil penggunaan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari dan guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara bebas berstruktur dan angket sederhana untuk mengambil data dari siswa serta mengumpulkan dokumentasi data. Hasil wawancara direduksi dengan memilih jawaban yang penting kemudian disusun secara sistematis. Adapun hasil penelitian yang berupa bilangan diubah menjadi sebuah predikat 75% – 100% “Efektif”, 50% – 75% “Cukup Efektif”, di bawah 50% “Tidak Efektif”. Data yang terkumpul dituangkan dalam betntuk uraian deskriptif. Selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari cukup efektif, karena antusiasme siswa ketika belajar semakin tinggi. Dari 21 responden 100% menyatakan senang belajar dengan menonton video yang diputar oleh guru. Minat terhadap pelajaran PAI diketahui adalah 42.85% siswa dengan minat tinggi dan 57.14% siswa dengan minat rendah serta 0% siswa yang tidak berminat. Peran media dalam membantu siswa mengingat materi juga cukup efektif pada 71.42% siswa yang menyatakan dapat mengingat materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:14
Last Modified: 12 Jan 2017 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum