PENGEMBANGAN MEDIA COURSE LAB 2.4 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI TKJ SMK SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI

NURUL MACHFUDHOH, NIM. 12410247 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA COURSE LAB 2.4 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI TKJ SMK SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA COURSE LAB 2.4 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI TKJ SMK SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI)
12410247_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA COURSE LAB 2.4 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI TKJ SMK SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI)
12410247_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang tersedianya media pembelajaran interakrif Pendidikan Agama Islam yang dapat memicu semangat dan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa di SMK Salafiyah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong sedang. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kurang sepenuhnya meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehingga peneliti tertarik untuk menuji cobakan media course lab 2.4 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Media course lab 2.4 merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri ataupun klasikal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media course lab 2.4 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yaitu penelitian pengembangan media course lab 2.4 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dikelas XI Tkj SMK Salafiyah kajen Margoyoso Pati. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Media Course lab 2.4 merupakan merupakan media yang layak digunakan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi serta hasil penilaian kelayakan media dari siswa. Berdasarkan hasil penilaian media oleh Ahli Media mendapatkan nilai sebesar 84% kelayakan, dan mendapatkan nilai sebesar 86% kelayakan dari ahli materi serta memperoleh 87% kelayakan dari uji kelayakan media skala kecil dan memperoleh 85% kelayakan dari uji skala besar. Hasil peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan media course lab 2.4 berhasil meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil perbandingan nilai tes yang telah dikerjakan siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perolehan nilai pada uji coba sebelum menggunakan media memiliki hasil nilai rata-rata yang relative sama. Sedangkan perolehan hasil perbandingan nilai test (post-test) dari kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol memiliki perbandingan nilai yang sangat signifikan. Kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 22.8 sedangkan kelompok kontrol sebesar 16.7. Perbandingan nilai test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol memiliki selisish rata-rata sebesar 6.1. berdasarkan penelitian hasil tes kelompok eksperimen berhasil meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Salafiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Course Lab 2.4, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:18
Last Modified: 12 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum