PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK TATA KRAMA SISWA (STUDI ATAS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN SISWA KELAS IV SD NU SLEMAN YOGYAKARTA)

BAETI NURJANAH, NIM. 12410255 (2016) PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK TATA KRAMA SISWA (STUDI ATAS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN SISWA KELAS IV SD NU SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK TATA KRAMA SISWA (STUDI ATAS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN SISWA KELAS IV SD NU SLEMAN YOGYAKARTA))
12410255_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK TATA KRAMA SISWA (STUDI ATAS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN SISWA KELAS IV SD NU SLEMAN YOGYAKARTA))
12410255_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan bahasa Jawa di sekolah mengalami kemunduran, hal ini terlihat dari banyaknya generasi muda yang lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa Jawa. Akibatnya, secara fungsional, bahasa Jawa mengalami kendala dalam mentransmisikan kebudayaan Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai faktor yang mendorong adanya keengganan dalam menggunakan bahasa Jawa. Bahasa dipandang sebagai bahasa semata, bukan sebagai sistem nilai atau nilai-nilai kebudayaan sebagaimana ditampilkan oleh bahasa itu sendiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pembelajaran PAI berbasis bahasa Jawa dalam membentuk tata krama (studi atas konsep pembelajaran PAI kepesantrenan siswa kelas IV SD NU Sleman Yogyakarta) dan implementasi pembelajaran PAI berbasis bahasa Jawa dalam membentuk tata krama (studi atas konsep dan implementasi pembelajaran PAI kepesantrenan siswa kelas IV di SD NU Sleman Yogyakarta). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data peserta didik kelas IV dan Guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, non partisipan, wawancara, terbuka standar dan dokumentasi. Adapun analisis yang dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa deskriptif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep pembelajaran PAI kepesantrenan berbasis bahasa Jawa adalah berupa pengajaran materi PAI kepesantrenan dengan menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa yang dipakai adalah bahasa Jawa Ngoko. Hal ini dilakukan karena siswa lebih mudah memahami bahasa ngoko dari pada bahasa Jawa dengan kromo Inggil atau kromo Alus. 2) implementasi yang berhasil dibentuk dalam pembelajaran PAI bebasis bahasa Jawa dalam membentuk tata krama (studi atas konsep dan implementasi pembelajaran PAI kepesantrenan kelas IV di SD NU Sleman Yogyakarta) adalah tata krama di lingkungan sekolah, tata krama berbahasa dan tata krama dalam bersikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI Berbasis Bahasa Jawa, Pembelajaran PAI Kepesantrenan, dan Tata Krama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:30
Last Modified: 12 Jan 2017 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum