HUBUNGAN METODE MANHAJI DALAM DIKLAT TAFHIMUL QUR’AN DENGAN PEMAHAMAN AL-QURAN SISWA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

DIAN KURNIAWAN DIAN KURNIAWAN 12410256, NIM. 12410256 (2016) HUBUNGAN METODE MANHAJI DALAM DIKLAT TAFHIMUL QUR’AN DENGAN PEMAHAMAN AL-QURAN SISWA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN METODE MANHAJI DALAM DIKLAT TAFHIMUL QUR’AN DENGAN PEMAHAMAN AL-QURAN SISWA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
12410256_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN METODE MANHAJI DALAM DIKLAT TAFHIMUL QUR’AN DENGAN PEMAHAMAN AL-QURAN SISWA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
12410256_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman Al-Qur’an yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Pemahaman Al-Qur’an dapat dipahami oleh siswa tergantung cara belajar memahami Al-Qur’an dengan metode pembelajaran yang baik dan efektif. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan di dalam diklat tafhimul Qur’an metode manhaji dengan pemahaman siswa di Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara metode manhaji dalam diklat tafhimul Qur’an dengan pemahaman siswa di Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel metode manhaji (variabel independent) dan pemahaman Al- Quran (variabel dependent). Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, test, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji non parametik yaitu uji korelasi spearman rho yang diolah dengan menggunakan program SPSS version 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode manhaji mempunyai hubungan yang positif terhadap pemahaman Al-Quran siswa di Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman Al-Qur’an siswa berada pada tingkat baik dan sedang dengan rincian 25 siswa atau 83% mempunyai kemampuan tinggi/baik, 5 orang lainnya mempunyai kemampuan cukup/sedang. (2) penerapan metode manhaji dalam diklat tafhimul Qur’an di Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan dalam kategori baik. Sebagian besar siswa menyatakan bahwa penerapan metode manhaji dilakukan, karena dari 30 siswa 19 diantaranya memberikan angka diatas 70 yaitu 71-78. (3) Analisis korelasi yang telah dilakukan dapat diketahui adanya hubungan positif antara Penerapan Metode Manhaji dengan Pemahaman Al-Qur’an siswa di Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,727 sementara rtabel 5% sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,0000.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara metode manhaji dengan pemahaman Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Manhaji, Diklat Tafhimul Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:38
Last Modified: 12 Jan 2017 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum