PERLINDUNGAN HAK CIPTA BAGI PENULIS DALAM PERJANJIAN PENERBITAN BUKU JUAL PUTUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA)

NUR FITRIANI, NIM. 10340136 (2016) PERLINDUNGAN HAK CIPTA BAGI PENULIS DALAM PERJANJIAN PENERBITAN BUKU JUAL PUTUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HAK CIPTA BAGI PENULIS DALAM PERJANJIAN PENERBITAN BUKU JUAL PUTUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA))
10340136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HAK CIPTA BAGI PENULIS DALAM PERJANJIAN PENERBITAN BUKU JUAL PUTUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA))
10340136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

hukum. Tujuan perjanjian yaitu mengatur hubungan hukum dan melahirkan seperangkat hak dan kewajiban yang mengikat para pihak yang memberikan kesepakatannya, perjanjian dapat berbentuk lisan maupun tertulis. Oleh karena itu perjanjian sangat dibutuhkan oleh pelaku-pelaku bisnis, guna untuk menjamin kepastian hukum. Salah satu bisnis yang membutuhkan adanya perjanjian yaitu penerbitan buku. Tindakan memperbanyak ciptaan (buku) harus mendapat izin dari penulis atau pemegang hak cipta. Oleh karena itu diberlakukan undang-undang mengenai hak cipta yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang selanjutnya disebut UUHC. Rumusan masalah penelitian ini pertama, mengetahui tentang model perjanjian penerbitan buku antara penulis dengan penerbit. Kedua, mengetahui tentang perjanjian penerbitan buku jual putus telah mengimplementasikan perlindungan hak cipta bagi penulis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian pada penelitian ini yaitu deskriptif analistis. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, model perjanjian penerbitan buku yang digunakan oleh penerbit di Daerah Istimewa Yogyakarta mayoritas menggunakan perjanjian lisensi dan jual putus. Namun terdapat satu tempat penerbitan yang menggunakan model perjanjian tambahan selain perjanjian tersebut yaitu perjanjian semi lisensi yang mereka buat sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. Kedua, bentuk perlindungan yang diberikan oleh penerbit kepada penulis belum sepenuhnya sesuai dengan UUHC khususnya dalam perjanjian jual putus dan belum terpenuhinya salah satu asas dalam perjanjian yaitu asas unconcionability. Adapun asas yang sudah terpenuhi yaitu asas konsensualisme, kebebasan berkontrak, mengikuti perjanjian, kepercayaan, kesetaraan, dan subsidaritas. Dalam UUHC mengenai pengembalian hak atas ciptaan yang dialihkan melalui perjanjian jual putus dijelaskan secara khusus pada Pasal 18 bahwa hak atas ciptaan akan beralih kembali kepada penulis setelah jangka waktu perjanjian mencapai 25 tahun, akan tetapi pada prakteknya para penerbit belum mengimplementasikan pasal tersebut ke dalam pembuatan perjanjian jual putus ataupun perjanjian jual putus yang telah terjadi sebelum diundangkannya UUHC ini. Sedangkan pada Pasal 122 UUHC dijelaskan bahwa segala bentuk perjanjian jual putus yang terjadi sebelum undang-undang ini diberlakukan tetap akan berarlih kembali kepada penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, penerbitan buku jual putus, Yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2017 09:20
Last Modified: 13 Jan 2017 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum