IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Ashif Syarifuddin, NIM: 1420410149 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG)
1420410149_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG)
1420410149_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: pendidikan berbasis al-Qur’an, keberhasilan pendidikan, SDIT Assalam Bandungan. Penelitian ini merupakan deskripsi tentang pendidikan berbasis al-Qur’an di SDIT Assalam Bandungan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi zaman yang harus dihadapi oleh siapa pun, yaitu era globalisasi dan modernisasi. Peserta didik sebagai generasi penerus bangsa harus diberikan pendidikan yang tepat. Mereka perlu dibentengi dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari kedua era tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menjelaskan konsep implementasi pendidikan berbasis al-Qur’an di SDIT Assalam Bandungan. Sehingga muatan dalam penelitian ini meliputi latar belakang penerapan pendidikan berbasis al-Qur’an, implementasi pendidikan berbasis al-Qur’an, dan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai dari penerapan pendidikan berbasis al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) sesuai dengan obyek penelitiannya di SDIT Assalam Bandungan. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang berupa pemberian gambaran-gambaran secara mendetail tentang latar belakang dan hal-hal yang ada di lapangan. Untuk mengeksploitasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data. Data dalam penelitian ini yang berupa uraian kegiatan atau perilaku subyek penelitian dan dokumen-dokumen lain diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa alasan SDIT Assalam Bandungan menerapkan pendidikan berbasis al-Qur’an dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini muncul dari dalam yayasan Assalam dan orang-orang yang terlibat di dalamnya yang meliputi keilmuan al-Qur’an dan semangat dakwah pengembangan al-Qur’an. Sedangkan yang termasuk faktor eksternal adalah alasan yang muncul dari lingkungan sekitar SDIT Assalam Bandungan yang meliputi lingkungan alam dan masyarakat. Adapun implementasi pendidikan berbasis al-Qur’an di SDIT Assalam Bandungan dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu berupa BTA/tartil al- Qur’an, tahfidz al-Qur’an, dan pengamalan nilai-nilai al-Qur’an. Dan dengan menerapkan pendidikan berbasis al-Qur’an ini, SDIT Assalam Bandungan memperoleh beberapa keberhasilan yang meliputi keberhasilan dalam bidang akademik dan non akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan berbasis al-Qur’an, keberhasilan pendidikan, SDIT Assalam Bandungan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 09:47
Last Modified: 17 Jan 2017 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum