KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA)

Nur Azkia, NIM: 1420410154 (2016) KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA))
1420410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA))
1420410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

NUR AZKIA. Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Kurikulum bahasa Asing adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran bahasa Asing untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Meskipun telah berbagai macam kurikulum yang silih berganti, kurikulum bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan masih menggunakan Kurikulum Bahasa Arab yang mengikuti kurikulum Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apa saja perencanaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dalam merealisasikan terlaksananya kurikulum bahasa Arab, evaluasi apa saja yang dilakukan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian, menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian diketahui bahwasanya perencanaan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura adalah a) Membuat Agenda Kegiatan, b) Membuat Blueprint Daftar Pengajar, c) Membuat Silabus, d) Menysusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan Pelaksanaan Kuirkulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan terdiri dari: a) tujuan pembelajaran bahasa Arab, b) materi pembelajajan bahasa Arab, c) pendekatan, metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab, d) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Evaluasi kurikulum kurikulum bahasa Arab, Meliputi: a) Evaluasi Terhadap Keterampilan Berbahasa Yang Meliputi Empat Keterampilan Yaitu Mendengar, Berbicara, Membaca Dan Menulis, b) Evaluasi Terhadap Materi, c) Evaluasi Terhadap Metode Pembelajaran, d) Evaluasi Terhadap Lingkungan Bahasa, e) Evaluasi Kemampuan Penguasaan Guru Terhadap Materi Pelajaran Bahasa Arab, f) Evaluasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Metode, Media dan Sumber Belajar, g) Evaluasi Terhadap Guru Bahasa Arab Sebagai Pelaksana Kurikulum. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 13:27
Last Modified: 17 Jan 2017 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum