KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DISABILITAS (Studi Pada 2 SMP Negeri Inklusif di Pulau Lombok)

Ahmad Subandi, NIM: 1420410170 (2016) KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DISABILITAS (Studi Pada 2 SMP Negeri Inklusif di Pulau Lombok). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DISABILITAS (Studi Pada 2 SMP Negeri Inklusif di Pulau Lombok))
1420410170_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DISABILITAS (Studi Pada 2 SMP Negeri Inklusif di Pulau Lombok))
1420410170_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DISABILITAS”. Sesuai observasi awal, dua sekolah yang diteliti hanya memberikan satu bidang layanan untuk siswa disabilitas, sedangkan bagi siswa non-ABK diberikan empat bidang layanan BK. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kompetensi guru Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah inklusif, (2) mengetahui layanan bimbingan dan konseling di sekolah inklusif pada umumnya dan khususnya bagi siswa disabilitas. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka digunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologis pada subyek penelitian yang ada di SMP Negeri 4 Mataram dan SMP Negeri 4 Praya. Adapun informan yang diwawancarai dalam penelitian ini berjumlah 22. Dari 22 informan tersebut enam diantaranya adalah guru BK, enam siswa disabilitas, dua guru pembimbing khusus, empat guru mata pelajaran, dua Kepala Sekolah, dan dua pegawai Tata Usaha (TU). Data didapat dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama penelitian. Semua data yang masuk, dianalisis menggunakan model analisis unit dari John W. Creswell. Setelah data dianalisis, maka selanjutnya adalah melakukan triangulasi. Adapun dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil yang didapat yaitu: (1) bahwa kompetensi guru BK yang ada di sekolah inklusif tersebut masih belum memenuhi persyaratan dan kelayakan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, (2) begitu pula dengan layanan bimbingan dan konseling yang hanya dilakukan melalui satu bidang layanan. Bidang layanan tersebut adalah bimbingan individual dan konseling klasikal, yang artinya guru BK tidak menjemput bola dan hanya menunggu laporan mengenai kebutuhan konseli. Pendidikan Inklusif tidak dipahami secara baik dan benar sebagaia amanah dari Negara dan tanggungjawab besar untuk memenuhi hak pendidikan bagi semua warga Indonesia. Kata Kunci: Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Bimbingan dan Konseling, Siswa Disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro’fah, BSW., MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Bimbingan dan Konseling, Siswa Disabilitas.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 13:33
Last Modified: 17 Jan 2017 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item