PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Studi Tentang Rumah Pengetahuan Amartya, Bantul)

EROBY JAWI FAHMI - NIM. 0247 1346, (2009) PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Studi Tentang Rumah Pengetahuan Amartya, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Studi Tentang Rumah Pengetahuan Amartya, Bantul))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Studi Tentang Rumah Pengetahuan Amartya, Bantul))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Konsep dan Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Rumah Pengetahuan Amartya (RPA), Bantul, serta tinjauan pendidikan Islam terhadap Pendidikan Berbasis Masyarakat di RPA. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi peningkatan mutu pendidikan nasional dan kualitas sumber daya manusia, minimal dapat memberikan alternatif bagi pengembangan pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan mengambil latar Rumah Pengetahuan Amartya. Subyek penelitian adalah responden yang terdiri dari Pendiri, Kepala Sekolah, Pengurus Sekolah/Yayasan, Dewan Guru, Orang Tua Didik, Anak Didik dan masyarakat sekitar RPA. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif-induktif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Latar belakang pendirian RPA; pertama, hak dasar untuk mendapatkan pendidikan; kedua, pendidikan yang bermutu hanya diperoleh kalangan kelas menengah ke atas saja; ketiga, masyarakat sekitar RPA didomonasi dari masyarakat kelas bawah tidak dapat mengakses pendidikan bermutu. 2) Pengertian Pendidikan Berbasis Masyarakat di RPA; pertama, pertama, pendidikan yang tumbuh, digerakkan, dan dikelola oleh masyarakat; dan kedua, pendidikan yang berangkat dari kebutuhan riil masyarakat. 3) Tujuan Pendidikan Berbasis Masyarakat di RPA; menyediakan akses memperoleh pendidikan bagi masyarakat miskin secara gratis, menumbuhkembangkan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat akan realitas sosial-politik-ekonomi dengan melibatkan mereka pada proses pendidikan, diharapkan kelak masyarakat mengambil alih, mengelola, dan menciptakan komunitasnya sendiri. 4) Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat di RPA menekankan prinsip solidaritas, egaliter, kebersamaan, dan kaderisasi. 5) Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di RPA; Dukungan (support), berbentuk dukungan moril, dan spirituil; Keterlibatan (involvement), berbentuk pengambilan keputusan pada penyeleleksian siswa, pembuatan kurikulum, dan kegiatan lainnya di luar pembelajaran; Kemitraan (partnership), antara masyarakat sekitar dengan RPA terjalin hubungan kemitraan yang sejajar; Kepemilikan (full ownership), masyarakat belum secara penuh terlibat dalam hal kepemilikan. Masyarakat belum bisa mengendalikan semua keputusan tentang program-progaram RPA. 6) Kurikulum mengarah pada tiga tema besar, yaitu tema keluarga, tema masyarakat, dan tema negara. Ketiga tema terbagi dalam tiga macam pelajaran, yaitu pengetahuan dan logika, sastra, bahasa dan budaya, dan olah raga, gerak, dan kreativitas tubuh. Metode pembelajaran bersifat kolektif, praktek, kontekstual dan permainan. Bahan pembelajaran tidak baku, diambil dari pelbagai sumber Evaluasi pembelajaran dilakukan secara kolektif, tidak bersifat ujian (tes) dan individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, MAsyarakat, Rumah Pengetahuan Amartya, Bantul
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Sep 2012 14:02
Last Modified: 15 Mar 2017 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item