PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI 1 SEMIN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Fahmi Fadlilah NIM. 04410829, (2009) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI 1 SEMIN, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum saat ini masih terhenti pada penguasaan materi secara teoritis, bila ditinjau dari kualitas pengajaran masih secara manual dan monoton. Sedangkan secara khusus pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X 4 SMA Negeri 1 Semin, Gunungkidul terkesan monoton dan membosankan yang berakibat pada rendahnya motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X 4 SMA Negeri 1 Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, sehingga perlu diadakannya pembenahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi siswa kelas X 4 SMA Negeri 1 Semin, Gunungkidul, Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan pengetahuan tentang pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri 1 Semin, Gunungkidul, Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini meliputi dua siklus. Siklus I dengan materi zakat, haji dan wakaf dan siklus II dengan materi keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah. Instrumen yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL siswa kelas X 4 SMA Negeri 1, Gunungkisul, Yogyakarta dilakukan dalam dua klai siklus. Sebelum melaksanakan tindakan dilakukan observasi awal guna mengetahui kondisi pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Setiap pelaksanaan siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari dua siklus tersebit kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berjalan dengan lancar yang membawa dampak positif bagi peningkatan motivasi belajar siswa. (2) Peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan respon siswa didalam kelas, siswa tidak takut dan malu untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat, memperhatikan ketika guru menjelaskan materi, aktif dalam berdiskusi, semangat mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh, tidak bermalas-malasan di dalam kelas padahal situasi ini jarang sekali ditemukan sebelum pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Contextual Teaching and Learning
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item