Nilai dan Prinsip Pekerjaan Sosial Dalam Intervensi Di Program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa Yogyakarta

Baiq Sulastri, NIM. 10250002 (2016) Nilai dan Prinsip Pekerjaan Sosial Dalam Intervensi Di Program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Nilai dan Prinsip Pekerjaan Sosial Dalam Intervensi Di Program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa Yogyakarta)
10250002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Nilai dan Prinsip Pekerjaan Sosial Dalam Intervensi Di Program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa Yogyakarta)
10250002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (709kB)

Abstract

Nilai dan prinsip merupakan landasan utama yang harus dipahami untuk mengetahui peran yang harus dilakukan dan memerhatikan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki oleh individu, kelompok, maupun komunitas sasaran. Berdasarkan penjelasan di atas, maka perlu untuk melihat Bagaimana nilai dan prinsip pekerjaan sosial dalam intervensi di program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menggambarkan nilai dan prinsip pekerjaan sosial dalam intervensi di program Institut Mentas Unggul (IMU) Dompet Dhuafa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah informan yang dapat memberi data terkait pelaksanaan program Institut Mentas Unggul yaitu etik, krisni, Dwi, Giyanti, Naning, Suwanti, Witri, Surini, Cipuk, Mugiyati, Sumarni, Maryani, Kustini, Suryani, Suratmi, dan Musri. Latar belakang pekerjaan peserta adalah buruh tani dan ibu rumah tangga. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan hingga hambatan yang dirasakan selama menjalankan program Institut Mentas Unggul Dompet Dhuafa Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dalam penellitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa nilai dan prinsip dasar yang mendasari praktik dalam bidang pekerjaan sosial, diterapkan juga oleh Dompet Dhuafa. Beberapa nilai dan prinsip tersebut yaitu: (1) Agen perubahan yaitu Amil meningkatkan kapasitas peserta dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan. (2) Partisipasi yaitu keaktifan peserta seperti aktif bertanya, memberikan masukanmasukan dan inisiatif. (3) Hak beneficiaries menghindari hubungan yang eksploitatif sehingga menguntungkan satu sama lain dalam upaya mencapai kesejahteraan bersama. (4) Sustainability yaitu pemberian modal ekonomi, pengetahuan, dan keterampilan untuk menciptakan usaha yang berkelanjutan. (5) Integrasi sosial yaitu memperhatikan setiap proses hingga perijinan untuk mendapat persetujuan. Beberapa prinsip yang diterapkan yaitu: (1) Penerimaan (Acceptence) yaitu dengan menghormati dan memperlakukan semua orang sama dan bermartabat. (2) Komunikasi (Communication) yaitu kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik. (3) Partisipasi (Participation) yaitu keaktifan peserta untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas individu maupun kelompok. (4) Kesadaran diri (Self awarness) yaitu kemampuan mengendalikan diri sehingga tidak terhanyut dalam permasalahan yang dihadapi klien. Selain itu ada prinsip kerahasiaan oleh pekerjaan sosial yang tidak diterapkan oleh Dompet Dhuafa karena program IMU sendiri bersifat komunitas dan dibutuhkan keterbukaan untuk mencapai keberhasilan program. Kata Kunci : Nilai Dan Prinsip, Intervensi Kelompok, Institut Mentas Unggul (IMU).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Nilai Dan Prinsip, Intervensi Kelompok, Institut Mentas Unggul (IMU).
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:12
Last Modified: 23 Jan 2017 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item