INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM REUNIFIKASI EKS GANGUAN JIWA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA

Yudi Purwanto, NIM: 11250022 (2016) INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM REUNIFIKASI EKS GANGUAN JIWA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM REUNIFIKASI EKS GANGUAN JIWA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA)
11250022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM REUNIFIKASI EKS GANGUAN JIWA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA)
11250022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Intervensi Pekerja Sosial dalam Reunifikasi Eks Gangguan Jiwa di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Yogyakarta”. Eks Gangguan jiwa adalah orang yang sebelumnya mengalami gangguan kejiwaan berat dan membutuhkan pelayanan lanjutan untuk bisa kembali bersosialisasi di masyarakat. Salah satu lembaga sosial yang menangani eks gangguan jiwa adalah Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta. Balai ini memberikan pelayanan melalui rehabilitasi dan pendampingan terhadap eks gangguan jiwa. Pekerja sosial merupakan salah satu profesi yang melakukan pendampingan terhadap eks gangguan jiwa. Proses reunifikasi dilakukan pekerja sosial setelah eks gangguan jiwa mendapat pelayanan dari BRSBKL tersebut. Penelitian ini berfokus pada pertanyaan tentang bagaimna intervensi yang dilakukakan pekerja sosial dalam reunifikasi eks gangguan jiwa di BRSBKL serta bagaimana karakteristik eks gangguan jiwa yang telah direunifikasi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yakni berupaya menghimpun data, mengolah data dan menganalisis data secara kualitatif dengan bertujuan memperoleh informasi yang medalam terkait apa yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intervensi pekerja sosial dalam reunifikai eks gangguan jiwa yaitu dengan pendampingan langsung terhadap eks gangguan jiwa. Dalam melakukan reunifikasi pekerja sosial menggunakan tahapan-tahapan yaitu; a) case conference lingkup BRSBKL, b) case conference terhadap keluarga, c) case conference lingkup masyarakat. Karakterisrik eks gangguan jiwa yang telah dirunifikasi berdasarkan karakteristik sehat jiwa menurut WHO (World Health Organization). Eks gangguan jiwa yang direunifikasi sudah memiliki rasa kasih sayang dan dapat menyesuaikan secara kontruksif pada kenyataan. “Keyword”: Intervensi Pekerja Sosial, Reunifikasi, Eks Gangguan Jiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zinudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: “Keyword”: Intervensi Pekerja Sosial, Reunifikasi, Eks Gangguan Jiwa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:12
Last Modified: 23 Jan 2017 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23571

Actions (login required)

View Item View Item