INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kasus di Rifka Annisa Yogyakarta)

Norma Aprillah, NIM 11250070 (2016) INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kasus di Rifka Annisa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kasus di Rifka Annisa Yogyakarta))
11250070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kasus di Rifka Annisa Yogyakarta))
11250070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (929kB)

Abstract

Norma Aprillah, Intervensi Psikososial Terhadap Remaja Perempuan Korban Kekerasan Dalam Pacaran (Studi Kasus Rifka Annisa Yogyakarta). Skripsi Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2016. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang intervensi sosial yang dilakukan terhadap remaja perempuan korban kekerasan dalam pacaran di Rifka Annisa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intervensi psikososial terhadap remaja perempuan korban kekerasan dalam pacaran yang dilakukan oleh Rifka Annisa Yogyakarta, mengingat banyaknya kekerasan dalam pacaran yang terjadi dari tahun 2011 – 2015 terus meningkat. Dari adanya kekerasan tersebut menimbulkan dampak baik fisik maun pisikis terhadap korban. Sehingga untuk itu diperlukan intervensi psikososial untuk memulihkan kembali kondisi korban. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah konselor Rifka Annisa, sedangkan yang menjadi obyek adalah bentuk intervensi psikososial terhadap remaja korban KDP. Analisis yang digunakan dalampenelitian ini deskriptif kualitatif, dengan langkah data yang terkumpul baik dari wawancara maupun dokumentasi, data tersebut disusun kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intervensi pisikososial terhadap remaja korban KDP dilakukan dengan pendampingan melalui konseling dengan beberapa tahap seperti enggamnet, assesmen, intervensi. Dalam menjalankan intervensi psikososial dilakukan pendampingan melalui konseling berupa terapi individu, terapi keluarga dan terapi kelompok, selain itu konselor juga berperan sebagai broker atau penengah dalam pendampingan sosial terhadap korban dimasyarakat. Kata kunci: intervensi, psikososial, dan kekerasan dalam pacaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP., MSW
Uncontrolled Keywords: intervensi, psikososial, dan kekerasan dalam pacaran.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:13
Last Modified: 23 Jan 2017 01:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item