PERAN VOLUNTEER PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “TERATAI” YOGYAKARTA DALAM INTERVENSI MIKRO KELUARGA BERMASALAH

Ismaluka, NIM. 12250122 (2016) PERAN VOLUNTEER PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “TERATAI” YOGYAKARTA DALAM INTERVENSI MIKRO KELUARGA BERMASALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN VOLUNTEER PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “TERATAI” YOGYAKARTA DALAM INTERVENSI MIKRO KELUARGA BERMASALAH)
12250122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN VOLUNTEER PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “TERATAI” YOGYAKARTA DALAM INTERVENSI MIKRO KELUARGA BERMASALAH)
12250122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ISMALUKA. Peran Volunteer Pekerja Sosial Di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Teratai” Yogyakarta dalam Intervensi Mikro keluarga Bermasalah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui sejauh mana peran volunteer pekerja sosial di LK3 “Teratai” dalam intervensi mikro keluarga bermasalah. Rumusan masalah skripsi ini ialah bagaimana peran volunteer pekerja sosial di LK3 “Teratai” Yogyakarta dalam intervensi mikro keluarga bermasalah dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi volunteer pekerja sosial ketika melaksanakan perannya. Tujuan dari skripsi ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran volunteer pekerja sosial di LK3 'Teratai” Yogyakarta dalam intervensi mikro keluarga bermasalah dan guna mengetahui kendala apa saja yang dialami volunteer pekerja sosial ketika melakukan perannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Teratai” Jl. Lempuyangan No. 1. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil beberapa sumber data dan kemudian dibandingkan. Hasil dari penelitian ini ialah, penulis mendapatkan berbagai informasi mengenai berbagai peran yang dilakukan oleh volunteer pekerja sosial di LK3 “Teratai” Yogyakarta, di antaranya adalah pekerja sosial di LK3 “Teratai” ketika melaksanakan intervensi mikro atau proses pertolongan terhadap keluarga bermasalah memiliki peran sebagai konselor, pendamping, pendidik, motivator, fasilitator, broker dan mediator. Kendala-kendala yang dihadapi oleh volunteer pekerja sosial LK3 “Teratai” ketika menjalankan perannya, di antaranya : Keterbatasan pengetahuan dalam memahami karakteristik atau kepribadian individu atau masyarakat, dan keterbatasan dana atau anggaran. Kata Kunci : Keluarga Bermasalah, Peran Volunteer Pekerja Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Keluarga Bermasalah, Peran Volunteer Pekerja Sosial
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:49
Last Modified: 20 Jan 2017 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum