PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU JASA LAUNDRY DI PAPRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI

ALFAN FAIRUZ SYIFA’, NIM. 12340079 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU JASA LAUNDRY DI PAPRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU JASA LAUNDRY DI PAPRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
12340079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU JASA LAUNDRY DI PAPRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
12340079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang klausula eksonerasi dalam perjanjian baku pada usaha jasa laundry yang tercantum pada nota pembayaran pada beberapa laundry di Papringan. Klausula eksonerasi adalah klausula dalam perjanjian yang membatasi tanggung jawab pihak produsen. Perjanjian baku laundry yang berisi klausula eksonerasi dibuat oleh pihak pelaku usaha yang mempunyai kedudukan ekonomi kuat berhadapan dengan konsumen dalam posisi lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku yang dibuat oleh pengusaha laundry dan untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap klausula eksonerasi yang tercantum dalam perjanjian baku usaha laundry. Metode penelitian mengenai penerapan dan perlindungan konsumen terhadap kalusula eksonerasi dalam perjanjian baku usaha jasa laundry di Papringan ini adalah penelitian yuridis empiris yang artinya hukum dikonsepkan sebagai pranata sosial yang secara riil dikaitkan dengan variabel-variabel sosial yang lain. Penelitian ini mengambil lokasi di Papringan. Data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan didukung dengan data primer dari lapangan selanjutnya dianalisis secara kualitatif komparatif yaitu penguraian dengan membandingkan hasil penelitian pustaka (data sekunder) dengan hasil penelitian lapangan (data primer) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perjanjian baku yang tercantum dalam nota pembayaran laundry di Papringan mengandung klausula eksonerasi yang merugikan konsumen, karena konsumen tidak bisa mendapat ganti rugi yang sepadan apabila terjadi sengketa. Perjanjian baku yang dicantumkan dalam nota pembayaran tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena kurangnya pemahaman dari kedua belah pihak akan peraturan tersebut menjadikan konsumen dan pelaku usaha tidak memahami hak dan kewajibannya masing-masing. Oleh karena itu klausula tersebut batal demi hukum dan pihak Laundry wajib menyesuaikan klausula – klausula eksonerasi tersebut dengan ketentuan yang telah di atur dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. SRI WAHYUNI, S.Ag., M.Ag., M. Hum. 2. LINDRA DARNELA, S. Ag, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: PERLINDUNGAN KONSUMEN, KLAUSULA EKSONERASI, PERJANJIAN BAKU
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:55
Last Modified: 19 Jan 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum