PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (ANALISIS DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2015)

SIRAJUL MUNIR, NIM: 12340105 (2016) PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (ANALISIS DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (ANALISIS DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2015))
12340105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text
12340105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi politik masyarakat Sumenep merupakan elemen penting dari demokrasi, termasuk dalam pemilihan kepala daerah. Mengingat pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah dan menjadi tolak ukur idealnya demokrasi maka KPU Kabupaten Sumenep punya peran mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah. KPU Kabupaten Sumenep punya tugas dan kewajiban untuk melaksanakan sosialisasi dan menyampaikan informasi penyelenggaraan pemilihan kepada masyarakat. Sosialisasi penyelenggaraan pemilihan merupakan proses penyampaian informasi tentang tahapan penyelenggaraan pemilihan. Sosialisasi pemilihan dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan. Selain itu pula, untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dilakukanlah pendidikan politik kepada masyarakat terutama bagi pemilih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis sosiologi, mengenai peran komisi pemilihan umum (KPU) untuk meningkatkan partisipasi politik (analisis dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sumenep tahun 2015). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi kegiatan observasi secara langsung, dan juga wawancara secara mendalam dan terpimpin kepada narasumber dari pihak KPU dan juga dari masyarakat yang berkepentingan. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peran komisi pemilihan umum (KPU) untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat (analisis dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sumenep tahun 2015) bahwa dalam menarik partisipasi masyarakat KPU Kabupaten Sumenep memiliki strategi dengan melibatkan kelompok trategis, seperti PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara), tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, tokoh agama. KPU bersama kelompok strategis tersebut bekerja sama mensosialisasikan pemilihan kepala daerah dengan beberapa metode sosialisasi antara lain: tatap muka, media massa, media sosial, mobilisasi serta bentuk lain yang memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi pemilihan dengan baik. Disisi lain dalam upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat, KPU menemui beberapa kendala antara lain: minimnya tenaga sosialisasi, tidak terakomodirnya suara pemilik suara yang merantau, serta adanya kekecewaan terhadap hasil pemilihan sebelumnya. Kata kunci: Peran KPU, Partisipasi Politik, Pemilukada Kabupaten Sumenep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ACH. TAHIR, S.H.I., S.H., LL.M., M.A. 2. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Peran KPU, Partisipasi Politik, Pemilukada Kabupaten Sumenep.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 10:10
Last Modified: 19 Jan 2017 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum