TELAAH YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PENDAMPINGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJEHTERAAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP)

MOH.MOHLIS, NIM: 12340104 (2016) TELAAH YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PENDAMPINGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJEHTERAAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PENDAMPINGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJEHTERAAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP))
12340104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TELAAH YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PENDAMPINGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJEHTERAAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP))
12340104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu dalam mewujudkan kesejahteraan desa, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi dalam hal ini membentuk pendampin desa untuk mendampingi desa baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat desa. Keberadaan pendamping desa sangat lah penting dalam mendampingi desa untuk mewujudkan kesejahteraan desa. Penyusun bertujuan untuk mengetahui peran, mikanisme dan kendala-kendala pelaksanaan Pendampingan desa. Penyusun melakukan penelitian di kecamatan Guluk-Guluk Sumenep.di karenakan keberadaan pemerintah setempat hanya kurang memperhatikan pembangunan yang ada di desa tersebut sehingga tidam memfokuskan pada infrastruktur pembangunan misalnya penerangan dan penerangan jalan. Tentu sangat menarik untuk di teliti khususnya dalam pendampingan desa, bagaiamana kerjasama antara pemerintah desa dan pendamping desa. Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, peneliti menggunakan penelitian Yuridis-Empiris yakni berupa penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan yuridis-impiris. Data yang diambil langsung melalui wawancara dan melalui telaah pustaka serta kajian atas peraturan-peraturan terkait. Penelitian ini bersifat deskriptif-analistik yakni mengurai fakta-fakta, situsai atau kejadian-kejadian dan menganalisisnya dengan teori dan logika hukum.. Hasil penelitian pelaksanaan pendampingan desa di Kecamatan Guluk- Guluk berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendamping desa, adanya pendampingan desa dapat diketahui apakah sesuatu berjalan dengan rencana atau sesuai dengan instruksi yang telah ditentukan, dapat diketahui kelebihan dan kelemahan dalam bekerja dan dapat ketahui juga apakah bekerja secara efektif atau tidak. Namun, berdasarkan fakta yang ada dilapangan bahwa keberadaan pelaksanaan pendampingan desa maupun pendamping lokal desa belum maksimal dalam melaksanakan pendampingan desa, yaitu Kurangnya tenaga ahli pendamping desa dalam memfasilitasi perumusan kebijakan terkait dengan pemberdayaan masyarakat desa, keterbatasan pengalaman dan pengetahuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegitan di desa, masih kurang tenaga ahli pendampingan desa yang kurang profesional dalam perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur di desa . sehingga jelas pelaksanaan pendampingan desa yang ada di kecamatan Guluk- Guluk kurang maksimal dalam menjalankan pelaksanaan Pendampingan Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ACH. TAHIR S.H.I., S.H.,LL.,M., M.A 2. UDIYO BASUKI S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: PELAKSANAAN PENDAMPINGAN DESA, KESEJEHTERAAN DESA
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 10:20
Last Modified: 19 Jan 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum