KAJIAN ASPEK HUKUM DAN ETIKA DALAM MARKETING SYARIAH

Cahyo Abdul Ghani, NIM: 10380040 (2016) KAJIAN ASPEK HUKUM DAN ETIKA DALAM MARKETING SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN ASPEK HUKUM DAN ETIKA DALAM MARKETING SYARIAH)
10380040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN ASPEK HUKUM DAN ETIKA DALAM MARKETING SYARIAH)
10380040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pemasaran (marketing) yang merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa mulai dari produsen hingga ke tangan konsumen. Dalam hal ini ada beberapa pertanyaan mendasar yang melingkupi kegiatan pemasaran (marketing); mulai dari apa yang dipasarkan, siapa yang memasarkan, hingga bagaimana barang dan jasa dipasarkan melalui kegiatan fungsi-fungsi marketing seperti pembelian, penjualan, pengangkutan, dan sebagainya. Masalah yang timbul kemudian adalah, kebanyakan dari para produsen//perusahaan dengan para pemasar (marketer) yang tidak mempertimbangkan segi moral dan etika dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan, yang terpenting bagi mereka adalah bagaimana caranya agar produk yang mereka tawarkan diterima dan sukses serta menguasai pangsa pasar. Apalagi jika para marketer ditekan oleh target perusahaan yang harus di capai dan bonus yang akan didapat, maka untuk mencapai target itu, tidak jarang seorang marketer melakukan berbagai macam cara, sampai-sampai menabrak rambu-rambu dan etika yang sudah ditetapkan dalam agama. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana aspek hukum dalam konsep dan praktik dalam pemasaran (marketing) syariah oleh perusahaan/produsen penghasil barang dan jasa. Serta bagaimana tinjauan etika Islam dalam praktik pemasaran (marketing) syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan linguistik atau bahasa yaitu menggambarkan konsep dan struktur bahasa marketing secara apa adanya. Selanjutnya juga menggunakan pendekatan normatif yaitu masalah dalam penelitian ini didekati dengan norma-norma hukum Islam. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah para ulama ahli fikih. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah praktik dalam marketing syariah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas ulama membolehkan konsep dan praktik dalam marketing syariah, dilihat dari proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai (value) dalam marketing syariah tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip yang ada di dalam syariah. Sepanjang hal tersebut dapat dijamin, dan penyimpangan prinsip-prinsip dalam syariah tidak terjadi dalam suatu transaksi apapun dalam marketing, maka dapat dibolehkan dalam syarak. serta dalam aspek etika juga sudah memenuhi unsurunsur spiritual yaitu berbasis spiritual, keilahian bersumber pokok dari ajaran wahyu sebagaimana yang dikenal syari‟at Islam (al-Qur‟an dan as-Sunnah). Kata Kunci: Hukum Islam, Etika, Marketing, Marketing Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abdul Mughist, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Etika, Marketing, Marketing Syariah.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:01
Last Modified: 19 Jan 2017 04:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23600

Actions (login required)

View Item View Item